Puluhan Tahun Dibiarkan Jembatan Gendok Jati Wetan Direhabilitasi

Puluhan Tahun Dibiarkan Jembatan Gendok Jati Wetan Direhabilitasi

Kudus, isknews.com – Meskipun hanya berukuran tidak seberapa besar, namun jembatan yang ada di RT-02/RW-03, Dukuh Gendok, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus itu, mempunyai fungsi yang amat vital, yakni sebagai penghubung Dukuh Gendok dengan jalan desa yang menuju ke “dunia lua”, melalui jalan lingkar selatan. Karena itu, pemerintah desa setempat pun merehabilitasi jembatan yang puluhan tahun dibiarkan apa adanya, serta belum pernah dilakukan perbaikan.

Kepala Desa Jati Wetan, Suyitno, saat dihubungi isknews.com, via telepon selulernya, Rabu (04/1), mengatakan hal itu. Menurut dia, jembatan di Dukuh Gendok itu, sudak sekitar 20 tahun, belum pernah dibangun atau diperbaiki, sehingga meskipun masih bisa digunakan, kondisinya fisiknya nyaris tak terawat. “Keberadaan jembatan itu sangat dibutuhkan, sebagai akses utama menuju jalan lingkar selatan. Tanpa adanya jembatan itu, warga Dukuh Gendok tidak bisa bersosialisasi dengan masyarakat di luar dukuh.”

BACA JUGA :  Sumiyatun : Adipura Tak Melarang Saat Penilaian Ada Kegitan Pembangunan Fisik

Mengingat hal itu, ungkapnya lanjut, pihak desa berinisiatif merebitasi jembatan yang memiliki ukuran panjang 6 meter itu. Pekerjaan rehabilitasi itu meliputi pelebaran jembatan dari 3 meter menjadi 4 meter, pengecoran beton lantai jembatan yang sebelumnya diaspal. Namun untuk besi selasar jembatan lama yang terbuat dari besi, masih bisa digunakan. “Rehabilitasi jembatan di RW-02/RW-03, Dukuh Gendok, Desa Jati Wetan itu, mengabiskan anggaran nilai pagu Rp 27.000.000, sumber dana APBDes 2016 (Dana Desa), waktu pelaksanaan 7 (tujuh) hari kalender.” (DM)

 

 

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post