Puluhan Warga Jadi Korban Jembatan Alternatif, DPRD Langsungkan Sidak

oleh
ISKNEWS.COM

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati melangsungkan Inspeksi Mendadak (Sidak) di jembatan alternatif penghubung Desa Dadirejo dengan Desa/Kecamatan Margorejo, Pati, Sabtu (13/01/2018) pagi. Mengingat, selain kurang layak jembatan tersebut juga acap kali memakan korban.

Diketahui, jembatan itu merupakan hasil swasembada masyarakat sebagai jalur alternatif penghubung antar kedua desa yang bersebrangan. Pasalnya, jalur utama penghubung letaknya terlalu jauh, sehingga menyulitkan masyarakat.

TRENDING :  Taman Bojana Akan Dibangun Megah Empat Lantai

“Jembatan alternatif ini memiliki lebar kurang dari 1 meter yang membentang di atas sungai dengan kedalaman 6 meter,” ungkap Ketua Komisi C DPRD Pati, Awi kepada awak media disela aktifitas sidak.

ISKNEWS.COM

Lanjutnya, meski jembatan ini terbuat dari bahan besi baja karena memiliki ukuran yang kurang layak. Menjadi riskan untuk dilalui warga, apalagi aktifitas dijembatan tersebut cukup ramai.

“Jembatan ini sering kali dilewati anak sekolah dan masyarakat dalam rutinitasnya. Bahkan, menurut keterangan, sudah banyak warga yang terjatuh dari jembatan ini,” terangnya.

TRENDING :  Panitia Pengisian Perangkat Desa Manjang Terciduk Kamera Bagikan Amplop

Berangkat dari sana, imbuh Awi, pihaknya akan mengusulkan anggaran untuk merevitalisasi jembatan penghubung kedua desa tersebut kepada instansi terkait. Hal itu, sebagai upaya untuk meminimalisir jatuh korban.

“Meskipun sebelumnya dibangun dari hasil swadaya. Tetapi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, terutama Dinas terkait untuk memberikan anggaran revitalisasi jembatan ini,” jelasnya.

TRENDING :  Bupati Pati, Karaoke Harus Tutup Total di Bulan Ramadhan

Sementara itu, seorang warga Desa Dadirejo menyambut baik rencana pembangunan jembatan. Pihaknya juga meminta agar Pemkab Pati segera merealisasikan revitalisasi jembatan, dengan melengkapi tiang penyangga, lebar serta pegangan di kanan dan kiri.

“Tahun 2017 lalu, ada puluhan warga yang terjatuh dari jembatan, termasuk saya sendiri. Sehingga, kami berharap agar pembenahan segera dilangsungkan. Supaya tidak ada korban jatuh lagi,” harapnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :