PWI Demak Gelar Orientasi Jurnalistik

PWI Demak Gelar Orientasi Jurnalistik

Demak, ISKNEWS.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Demak menggelar Orientasi Jurnalistik, dengan pembicara Ni Made Adnyani dari Unissula Semarang dengan moderator Hastin Atas Asih (Komisioner KPU Demak), di Hotel Amantis, Sabtu (11/11/2017).

Ketua PWI Jateng Amir Mahmud dalam uraiannya menyampaikan, media massa mainstream tak sebebas media sosial. Para jurnalis yang mewakili media tersebut harus melakukan cek dan ricek serta indept terhadap bahan berita.

Selain itu, lanjutnya, covering both side sangat perlu diperhatikan supaya berita menjadi berimbang. “Berita berimbang itu bukan berarti secara kuantitatif, tetapi lebih mengedepankan kualitas berita,” ujar sang penulis buku Adab Jurnalistik itu.

TRENDING :  Unjuk Rasa KMKB Protes Penggunaan Rumah Dinas Pimpinan DPRD Untuk Pesta Miras

Ia menambahkan, para jurnalis tidak boleh main-main ketika memberitakan apapun, sebab mereka terikat amanat konstitusi. Amir juga berpesan jangan sampai media menjadi tunggangan politik, alat pengembang modal maupun eksperimen jurnalistik yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, Ni Made Adnyani berpendapat jurnalis adalah profesi yang terbuka, artinya semua disiplin ilmu masuk di dalamnya dan jurnalis harus menguasainya. “Semua Wartawan Indonesia sebaiknya mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) sehingga bisa menyajikan berita secara berimbang,” tutur.

TRENDING :  PWI Kudus Dan Jajaran Polres Kudus Siap Perangi Berita Hoax

Wanita berparas ayu iti mengungkapkan, hubungan personal yang positif antara wartawan dengan narasumber juga mempengaruhi nilai berita. “Jangan sampai masyarakat menjadi apatis terhadap media massa supaya tidak mempengaruhi kualitas berita,” tandasnya.

Orientasi Jurnalistik tahun ini disajikan berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni dengan adanya pemberian award untuk aejumlah tokoh di Kabupaten Demak. Usai pemberian award dilanjutkan bedah buku, setelah itu baru masuk acara inti Orientasi Jurnalistik.

TRENDING :  Tumpukan Material Tanpa Rambu Peringatan Bahayakan Pengguna Jalan

Adapun materinya tentang Kode Etik Jurnalistik dan Hukum Pers oleh Ketua Dewan Kehormatan Propinsi PWI Jateng Sri Mulyadi, Konvergensi Media dan Jurnalisme Masa Kini oleh anggota KPID Jateng Setyawan Hendra Kelana, serta materi Peraturan Dasar, Peraturan Rumah Tangga PWI dan Penguatan Peran Organisasi yang dijelaskan Sekretaris PWI Jateng Isdiyanto. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post