Ragam Motif Batik Kudus, Tidak Melulu Menara atau Daun Tembakau

by
isknews
Foto: Pengrajin batik yang sedang mencanting kain batik dengan motif Daun Cengkeh Tembakau, dari Muria Batik Kudus di Desa Karang Malang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Senin (29-01-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kudus adalah kota kecil dengan julukan Kota Kretek. Daun tembakau yang menjadi simbol kota ini, terlukis indah dari Gapura Kudus Kota Kretek yang merupakan gerbang masuk Kota Kudus.

Selain daun tembakau, Kabupaten Kudus erat kaitannya dengan Menara Kudus yang merupakan simbol perjalanan dakwah Sunan Kudus atau Syekh Ja’fat Shadiq, dalam mensyiarkan ajaran Islam di daerah ini dan sekitarnya.

Begitu melekatnya kedua simbol tersebut dengan Kota Kudus, menginspirasi sejumlah desainer batik di Kudus untuk menuangkan simbol tersebut pada batik yang diproduksinya.

TRENDING :  Budidaya Sayur Organik Sedikit Modal Hasil Menggiurkan

“Ciri khas dari Kudus yakni Daun Tembakau dan Menara Kudus, menjadikan motif tersebut banyak dicari oleh konsumen,” kata Istiyani (60).

isknews
Foto: Variasi Batik Kudus, dari Muria Batik Kudus di Desa Karang Malang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Senin (29-01-2018). (Nila Niswatul Chusna / ISKNEWS.COM)

Meskipun demikian, ternyata batik Kudus tidak selalu menyertakan simbol Menara Kudus ataupun Daun Tembakau. “Di Kudus, terdapat banyak tempat yang menginspirasi. Salah satunya adalah Gunung Muria, yang menjadi ciri khas dari tempat tersebut adalah Parijoto. Sehingga terbentuklah motif Parijoto,” jelas wanita paruh baya ini.

TRENDING :  Jangan Lupa, Penghijauan!

KOMENTAR SEDULUR ISK :