Ramaikan “Dandangan” Sejumlah PKL Mulai Berdatangan

oleh

Kudus, isknews.com – Semakin dekat dengan akan diselenggarakannya “Dandangan”, tradisi perayaan atau keramaian bulan suci Ramadhan 1438 H – 2017, sejumlah pedagang kaki lima (PKL) pun mulai berdatangan. Mereka untuk sementara menempati bebarapa ruas jalan, di luar area resmi yang nantinya akan digunakan untuk para PKL yang akan mremo pada saat “Dandangan” yang akan berlangsung selama 10 hari, 16 – 27 Mei 2017.

Untuk menampung para PKL tersebut, Dinas Perdagangan dan Pasar (Disdagsar) Kabupaten Kudus, membuka tempat pendaftaran di Komplek Taman Bojana, Simpang Tujuh Kudus, tepatnya di kios sebelah barat, sebelah utara deretan ATM.

Menurut Noor Asib, staf Disdagsar yang bertugas menerima pendaftaran, sejak dibuka pada sekitar satu pekan lalu, sudah banyak PKL yang mendaftar untuk berjualan di stand “Dandangan” yang disediakan. “Para PKL yang mendaftar, adalah yang setiap tahun berjualan di Kudus pada setiap berlangsungnya Dandangan, jadi tinggal mencocokan nama dan lokasi standnya. Dengan begitu pengaturannya lebih mudah.”

TRENDING :  Jelang Lebaran, Omzet Penjualan Kebutuhan Sandang Meningkat

Untuk setiap PKL, ungkapnya lanjut, dikenakan beaya sewa lahan dengan harga sebesar Rp 2000/m/hari, ditambah sampah atau kebersihan Rp 1200/m/hari, dikalikan 10 hari. Luas sewa kapling bervariasi tergantung permintaan PKL, mulai dari 2×3 meter, 3×4 meter dan 4×4 meter. “Setiap PKL hanya diperbolehkan mengambil maksimal dua kapling.”

TRENDING :  Merasa Diperlakukan Diskriminatif Oleh Satpol PP, Pedagang Es Degan Kalirejo Ini Mengadu

Pada “Dandangan” 2017 ini, terjadi pengurangan area yang disediakan untuk PKL, yakni Jalan Menara Kudus dan Jalan Madureksan, karena sedang direhabilitasi. Sehingga area yang disediakan adalah Jalan Sunan Kudus, Jalan Kiai Telingsing, Jalan Pangeran Puger dan Jalan Wahid Hasyim. Jumlah kapling yang disediakan , seluruhnya 434, terdiri 268 PKL tenda 166 PKL lesehan.
“Untuk Jalan Sunan Kudus, mulai Simpang Tujuh sampai perempatan pekojan, dikhususkan untuk UMKM, sebanyak 10 x 2 tenda, luas 4 x 6 meter per tenda,” jelas staf Disdagsar bidang PKL itu.(DM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :