Rangkaian HPSN 2018, Ratusan Relawan Bahu Membahu Bersihkan Sampah

oleh
ISKNEWS.COM
Ratusan relawan dari berbagai stake holder melakukan kerja bhakti membersihkan tiga lokasi pasar dan tiga lokasi perairan umum. (istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Masih satu rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2018 dan Gerakan kebersihan rutin dalam rangka Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS), pagi tadi secara serempak telah dilakukan kegiatan Grebeg Kebersihan Pasar dan Sungai.

Acara yang dimotori oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) itu, juga diikuti oleh OPD-OPD yang terkait dengan obyek bersih-bersih pada kerja bakti pagi tadi. Dinas PUPR, Dinas Perdagangan dan PSDA Seluna, anggota Polsek, dan Koramil di wilayah kegiatan, serta unsur pemuda dan pramuka, Jumat (09-03-18).

PLT Kepala Dinas PKPLH, Abdul Halil melalui Kabid Pengembangan Pembinaan Kapasitas Lingkungan Hidup, Indriatmoko saat ditemui di arena grebeg Sungai Gelis pagi tadi kepada isknews.com menjelaskan, Kegiatan hari ini secara keseluruhan adalah beserta stake holder yang lain, melakukan kerja bakti membersihkan tiga lokasi pasar dan tiga lokasi perairan umum.

TRENDING :  Tumbuhkan Jiwa Relawan Puluhan Pelajar Ikuti Students Volunteer Class
ISKNEWS.COM
Ratusan relawan dari berbagai stake holder melakukan kerja bhakti membersihkan tiga lokasi pasar dan tiga lokasi perairan umum. (istimewa)

“Ketiga pasar tersebut adalah Pasar Kliwon, Pasar Bitingan dan Pasar Jember, kemudian pada perairan umum kami membersihkan Sampah di Sungai Gelis yang ada di Demaan, bawah Jembatan Jalan Sunan Kudus, Tegalarum dan Ploso,” terang Moko yang didampingi Sekdin DPKPLH Kudus, Didik Tri Prasetyo.

Dalam kegiatan ini, kami melibatkan berbagai unsur yang terkait dengan obyek yang sedang kita grebeg, “Kalau untuk pasar, disamping kami melibatkan staf Dinas Perdagangan yang ada di Pasar tersebut, kami juga melibatkan para pedagang kaki lima yang berjualan di lokasi pasar, unsur Polsek dan Koramil,” terangnya.

TRENDING :  Kasmini dan Sari Berharap Uluran Tangan Dari Pemerintah

“Sedangkan untuk perairan umum, kami melibatkan para pegawai Balai PSDA Serang Lusi Juana Kudus, Polsek, dan Koramil, serta Mapala dari UMK,” ungkap Moko.

“Disamping ini merupakan kegiatan rutin, selaku OPD yang bertanggungjawab akan pengelolaan sampah, berharap Kudus Kota kita tercinta ini menjadi kota yang bersih dan sanggup mempertahankan Adipura Kencana, sebuah anugerah kebersihan lingkungan yang paling Paripurna di Indonesia, dan kami ingin mempertahankan hal itu,” tutur Indriatmoko.

TRENDING :  Ternyata Ini Penyebab Listrik Di Kudus Padam

Secara keseluruhan, agenda kita hari ini melibatkan ratusan relawan dari berbagai unsur, mulai dari Paguyuban Pedagang Yaik Pasar Bitingan, pedagang pasar Bitingan, Pramuka Saka wanabakti, Saka wira Kartika, Saka Pariwisata dan Mapala UMK.

Sepekan sebelumnya, pada peringatan HPSN 2018, DPKPLH Kudus sudah menggelar aneka kegiatan yang bekerjasama dengan LSM “Kresek” Kudus, LSM yang mengkonsentrasikan diri pada kepedulian akan sampah berupa kegiatan penandatanganan komitmen Bebas Sampah 2020, fashion show, dan handy craft berbahan dasar sampah daur ulang. (AJ/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :