Ratusan Anggota Linmas Bakal Ikuti Lomba Linmas Tingkat Kecamatan

Ratusan Anggota Linmas Bakal Ikuti Lomba Linmas Tingkat Kecamatan

Kudus, isknews.com – Sebanyak 160 anggota Pelindung Masyarakat (Linmas) yang ada di Seluruh Desa Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dibagi menjadi 16 Regu bakal mengikuti lomba Linmas tingkat kecamatan, lomba yang akan dilaksanakan pada Senin, 15 Agustus 2016 di Halaman Balai Desa Undaan Kidul nantinya satu regu terdiri dari 10 anggota Linmas. Kegiatan lomba Linmas ini diajarkan bagaimana cara menyelenggrakan tata cara upacara bendera juga diajarkan mengenai gerakan Pengaturan Baris – Berbaris (PBB).

Hal itu disampaikan oleh Camat Undaan Catur Widyatno melalui Kasi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Undaan Sudarmi saat ditemui oleh isknews.com kegaiatan yang sekaligus sebagai rasa kecintaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam berbangsa dan bernegara juga memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71.

TRENDING :  Mantan Kades Dan Ketua BPD Ramaikan Bursa Pilkades Golantepus

“Kegiatan Lomba Trantib Linmas kecamatan undaan ini semua desa yang ada undaan semuanya ikut ambil bagian pada senin nantinya, kegiatan yang menyelenggarakan tata cara upacara bendera dan PBB di linkungan masyarakat” terangnya.

Selain gerakan PBB, para anggota Linmas juga nantinya akan menampilkan kreasi tongtek yang dipadukan dengan lagu, sebelum megikuti perlombaan Trantib Linmas Tingkat Kecamatan Undaan para anggota linmas itu digempleng dengan matang oleh Babinsa dan Babinkamtibmas di desanya masing – masing.

TRENDING :  Kirab Gunungan Hasil Tanam Sebagai Simbol Warga Rahtawu Mencintai Gunungnya

Proses kegiatan penilaian perlombaan nantinya melibatkan Pemerintah Kabupaten, TNI, dan Kepolisian. Dalam latihan Trantib Linmas sebelumnya selain dilatih oleh Babinsa dan Babinkamtibmas pada 17 Juli 2016 para anggota Linmas ini juga dilatih oleh BPBD, Pemadam Kebakaran karena tugas seorang linmas tidak hanya sebagai pelindung masyarakat juga berpartisipasi dalam peran menghadapi bencana yang suatu saat tiba – tiba.

Sementara itu, Ditambahkan juga sejauh ini untuk Linmas di lingkungan masyarakat kedudukan linmas merupakan antara ada dan tiada yang artinya seolah – olah peran Linmas hanya diberlakukan pada saat Pemilu saja padahal tidak seperti itu. Jadi dengan adanya kegiatan ini agar kedepannya Linmas itu ditertibkan dengan mendaftarkan dirinya melalui Surat Keputusan (SK) Kepala Desa dan harus memiliki kartu keanggota.

TRENDING :  Haryanto Serahkan Syarat Pencairan Dana Desa

“Sejauh ini kedudukan linmas dilingkungan masyarakat itu antara ada dan tiada, seolah – olah linmas hanya dibutuhkan pada saat pemilu saja. Namun tugas linmas tak hanya itu saja mereka juga membantu dan berpartisipasi dalam kebencanaan, dan juga dalam kegiatan perlombaan ini juga nantinya kita tertibkan untuk menjadi anggota linmas harus ada SK dari Kepala Desa untuk mendapatkan Kartu Keanggotaan Linmas” Imbuh Sudarmi Kasi Trantib Kecamatan Undaan.(SM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post