Ratusan Kembang Api Siap Warnai Langit Kudus di Malam Takbir

by
Ratusan Kembang Api Siap Warnai Langit Kudus di Malam Takbir ISKNEWS.COM
Foto: Ratusan kembang api yang dijual Tono di Jalan GOR Kudus, Selasa (12-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Tidak dipungkiri, tradisi permainan kembang api tidak dapat dipisahkan dari perayaan hari lebaran, utamanya saat malam takbiran. Ratusan kembang api tumpah menghiasi dan menyemarakan setiap perayaan hari lebaran.

Tidak hanya di pusat kota, tradisi seperti ini juga tumbuh subur di desa-desa. Tak pelak, situasi seperti ini dimanfaatkan oleh para penjual kembang api musiman untuk mengais pundi-pundi rupiah.

Menjelang lebaran, para penjual kembang api musiman ini mulai memenuhi berbagai sudut daerah di Kabupaten Kudus. Salah satunya Jalan GOR Kudus. Letaknya yang strategis membuat penjual kembang api di tempat ini laris manis diserbu pembeli.

TRENDING :  Komunitas Kudus Skateboarding, Tepis Skateboard Sebagai Olaraga Ekstrim

Mereka umumnya hanya berjualan menjelang hari-hari besar seperti lebaran dan tahun baru. Saat masyarakat mencari kembang api untuk memeriahkan suasana di hari-hari besar tersebut.

Sedangkan pada hari biasa, para pedagang musiman ini kembali mencari nafkah sesuai pekerjaan semula. Seperti halnya Tono (35), pria asal Desa Loram Wetan ini sehari-hari berjualan mainan anak di rumahnya. Namun, jelang lebaran dan tahun baru, ia selalu berganti profesi sebagai penjual kembang api.

TRENDING :  Hafal Teks Proklamasi & Pembukaan UUD 45 Bukti Seberapa Besar Cinta Pada NKRI

KOMENTAR SEDULUR ISK :