Ratusan Murid TK dan PAUD di Kudus Antusias Ikuti Manasik Haji

Ratusan Murid TK dan PAUD di Kudus Antusias Ikuti Manasik Haji

Kudus, ISKNEWS.COM – Ratusan murid TK dan PAUD dari 14 sekolah di Kudus mengikuti kegiatan manasik haji, yang diselenggarakan TKIT Umar bin Khattab, di Lapangan Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, Sabtu (16/09/2017).

Sebanyak 840 murid TK dan PAUD tampak antusias mengikuti manasik haji. Dibimbing guru masing-masing, anak-anak yang masih balita itu diajarkan tata cara berhaji yang benar. Mulai dari bagaimana cara menggunakan pakaian ikhrom, wukuf, hingga lempar jumroh.

Salah seorang murid dari TKIT Umar bin Khatab, Nala mengaku sangat senang sekali mengikuti kegiatan manasik haji. Meskipun terlihat kecapekan dari raut wajahnya, namun semangat yang ditunjukan membuat dirinya mampu mengikuti hingga akhir kegiatan. “Asyik, seneng, bisa melihat ka’bah,” tuturnya.

TRENDING :  Pelajar SMA & SMK Diberi Penguatan Wawasan Islam Rahmatan Lil Alamin Dalam Perspektif Multikultural

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Kota, Umar Mansur dalam sambutannya saat membuka manasik haji menyampaikan, kegiatan positif semacam ini perlu digalakkan karena dapat menambah wawasan anak.

Meskipun masih berusia balita, namun penanaman benih-benih mental islami sejak dini dapat membentuk karakter anak ketika dewasa nanti. Seperti ketika memperkenalkan Al-Quran kepada anak sejak dini yang dilakukan dengan cara didengarkan bacaan Al-Quran sejak dini.

“Sama halnya dengan haji, untuk memperkenalkannya juga sangat tepat jika dilakukan kegiatan manasik haji seperti ini,” ujarnya.

TRENDING :  Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 1437 H Jatuh Pada Rabu 6 Juli 2016

Umar berharap, kegiatan manasik haji yang diikuti 14 sekolah itu dapat menginspirasi wali murid dan sekolah yang lain bisa menggelar acara serupa. “Kalau dari kecil sudah diperkenalkan haji, siapa tahu murid-murid bisa berangkat haji pada saat dewasa nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Nana menjelaskan, tujuan diadakannya manasik haji adalah untuk memperkenalkan ibadah haji sebagai rukun Islam kelima bagi anak-anak. Dengan harapan mampu menjadi bekal untuk mereka semua dikehidupannya nanti.

Pada acara inti, lanjut Nana, anak-anak yang didampingi guru masing-masing diperkenalkan rangkaian kegiatan layaknya ibadah haji di Mekkah. Mulai dari Miqot, Arofah, Muzdalifah, Mabid di Mina, Melempar Jumroh (Ula, Wustho, Aqobah), Tahallul 1, Thawaf, Maqom Ibrahim, Minum Air zam-zam, Sa’i dari Shofa ke Marwa, dan Tahallul 2.

TRENDING :  Banyak CJH Pati Mengidap Penyakit Resiko Tinggi

“Semoga saja usai kegiatan ini keinginan haji anak-anak bisa tumbuh dan bisa terwujud suatu saat nanti. Entah kapan,” harapnya.

Ditambahkannya, selain menambah pengetahuan kegiatan manasik haji juga memberikan pelajaran berharga, yakni bersosialisasi dengan teman baru. Hal itu menjadi modal penting karena saat berhaji di Mekkah pasti akan bertemu dengan banyak orang dari negara maupun suku yang berbeda. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post