Rayakan Kelulusan Siswa SMK TBI Pati Bersihkan Tempat Ibadah

oleh
Foto: Para siswa SMK TBI Pati merayakan kelulusan dengan embersihkan masjid dan mushola di sekitar sekolah, Jumat (03-05-2018) sore kemarin. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Jika sebagian besar siswa kelas XII lebih memilih melakukan arak-arakan saat kelulusan, namun lain halnya dengan iswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terpadu Bhakti Indonesia (TBI) Pati. Mereka memilih melakukan kegiatan sosial dalam merayakan kelulusan.

Tempat ibadah menjadi sasaran para siswa XII SMK Terpadu Bhakti Indonesia Pati untuk dibersihkan. Selain itu, menurut penuturan Kepala SMK TBI Suntoro, mereka juga mengumpulkan baju seragam sekolah untuk diberikan kepada yang membutuhkan serta menggelar tumpengan.

TRENDING :  Kecelakaan di Patura Pati - Rembang

“Kami menjalankan perintah Disdik Provinsi agar tidak melakukan konvoi apalagi corat coret baju seragam. Kegiatan anak-anak kami arahkan membersihkan mushola di sekitar sekolah dan mengumpulkan baju seragam mereka untuk disumbangkan,” terang Suntoro, Jumat kemarin.

Sebanyak 136 siswa yang dibagi dalam empat kelompok dengan semangat mencabuti rumput di mushola dan halaman masjid. Sebagian kelompok lain ada yang membersihkan lantai tempat wudlu, serta mengelap kaca pintu dan jendela.

TRENDING :  SMAN 1 Kudus Peroleh Juara II Nasional Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI)
Foto: Para siswa SMK TBI Pati merayakan kelulusan dengan embersihkan masjid dan mushola di sekitar sekolah, Jumat (03-05-2018) sore kemarin. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Selain wujud syukur atas kelulusan, salah seorang siswa Oktavia Zubiati mengatakan bahwa kegiatan ini juga sekaligus persiapan menjelang Ramadhan.

“Kami lebih memilih membersihkan mushola dan masjid sebagai luapan rasa syukur atas kelulusan kami. Apalagi kan mau puasa, kalau masjid dan mushola bersih para jamaahnya bakal nyaman beribadah. Kami rasa ini lebih bermanfaat daripada melakukan corat coret baju apalagi konvoi. Pasti ujungnya bentrok dengan kelompok lain,” tutur Okvita.

TRENDING :  STIKES Muhammadiyah Kudus Lepas 354 Wisudawan 4 Program Studi

Meski terbilang sederhana, namun kegiatan yang dilakukan para siswa ini lebih bermanfaat. Sehingga mereka dapat terhindar dari hal-hal negatif seperti kecelakaan akibat konvoi, tawuran antar pelajar maupun berpesta miras. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :