Rehab Jembatan Berugenjang – Wonosoco Hampir Selesai Dan Segera Bisa Dilewati

Rehab Jembatan Berugenjang – Wonosoco Hampir Selesai Dan Segera Bisa Dilewati

Kudus, isknews.com – Bagi yang sudah lama rindu rekreasi atau berswafoto di wana wisata Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, karena terhalang jembatan menuju ke desa itu yang sedang direhab.
Tak berapa lama lagi kerinduan itu akan terobati. Pasalnya, rehab jembatan Berugenjang – Wonosoco itu hampir selesai dan tak lama lagi akan bisa dilewati.

Proyek rehab Jembatan Berugenjang –Wonosoco itu, menelan anggaran sebesar Rp 3.210.855.000, sumber dana dari APBD Kabupaten Kudus, Tahun Anggaran (TA) 2017.
Dalam pelaksanaannya di lapangan, memakan waktu cukup lama, dibandingkan proyek bangunan jembatan lainnya. Menurut penyedia jasa pelaksana proyek tersebut, Akrab, ada sejumlah kendala yang cukup berat, sehingga pengerjaannya tidak bisa secepat seperti yang diharapkan.
Kendala itu diantaranya, kondisi tanah di lokasi dibangunnnya jembatan, selain labil, juga berlumpur. Hal itu mengakibat tanggul buatan untuk melindungi pembangunan jembatan, beberapa kali mengalami longsor sehingga harus membuat lagi.

Kondisi Sungai Londo yang airnya sering banjir, juga menyebabkan pengerjaan rehab jembatan itu terganggu. “Akibat Sungai Londo yang banjir dan airnya meluap, pengerjaan jembatan ini sempat terhenti selama sekitar tiga pekan.”

Menghadapi situasi di atas, Akrab yang juga dikenal sebagai tokoh masyarakat di Kecamatan Undaan itu, mengaku pasrah dan nyaris putus asa. Namun dengan tekad dan didasari rasa tanggung jawab yang tinggi, rehab jembatan itu terus dilanjutkan, sehingga sekarang ini sudah mencapai sekitar 80 persen, dari target yang ditetapkan. “Saya jamin, rehab Jembatan Berugenjang – Wonosoco ini akan selesai tepat waktu.”

Jembatan baru itu mempunyai ukuran panjang 15 meter, lebar 6 meter. Untuk mengantisipasi limpasan banjir Sungai Londo, lantai atau dasar jembatan ditinggikan 2,2 meter, dari ketinggian jalan. Konsekuensinya, ada pekerjaan tambahan peninggian dan pengaspalan jalan kedua sisi jembatan, masing-masing sepanjang 50 dan 62 meter.
“Peninggian juga dilakukan pada jalan di tanggul sungai, kanan dan kiri, berupa pembuatan dinding setinggi dada dua meter, panjang 12 meter,” jelas Akrab yang dibenarkan oleh wakilnya, Rahab. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  10 SD Kecamatan Mejobo Kudus Bakal Direhab

Share This Post