Rehab Los Pasar Ikan Pasar Mijen Kudus Selesai 100 persen

Rehab Los Pasar Ikan Pasar Mijen Kudus Selesai 100 persen

Kudus, isknews.com – Pembangunan atau rehab los pedagang ikan dan sayuran yang ada di komplek Pasar Mijen, Jalan Raya Kudus – Jepara, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, kini sudah selesai 100 persen. Sehingga secara fisik, los ukuran 11 x 21 meter yang kegiatannya satu paket dengan pembangunan saluran di lorong antara dua deretan los dari ujung barat sampai ke timur itu, sudah siap difungsikan. Saluran itu dibuat tertutup yang pada bagian atasnya dipasang keramik, total lantai yang dikeramik seluas 8300 meter persegi.

Menurut rekanan pelaksana proyek, Yusuf, pengerjaan rehab total atau pembangunan los di Pasar Mijen itu memang dikebut, bahkan dilembur sampai larut malam, sehingga bisa selesai sebelum waktu yang ditargetkan. “Pengerjaan proyek ini berjalan lancar, hampir tidak kendala di lapangan. Itu semua karena kerjasama yang kompak dan didasari rasa persaudaraan, dari semua yang terlibat dalam pembangunan ini.”

Foto: Lorong diantara deretan los Pasar Mijen yang sudah dipasang keramik. (Dok. Isknews.com)

Los pedagang ikan dan sayuran itu direhab total dengan mengganti bangunan lama. Proyek yang pengadaannya oleh Dinas Perdagangan dan Pasar itu, menelan anggaran sebesar Rp 1,4 miliar. Dana sebesar itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran (TA) 2017. Bertindak sebagai rekanan pelaksana proyek, CV Surya Kusuma, Kudus.

Los tersebut berdiri di atas tanah ukuran panjang 21 meter dan lebar 11 meter. Semula di areal tanah itu sudah ada los sederhana yang didirikan secara swadaya oleh pedagang yang menempati, karena kondisi bangunannya yang tidak layak pakai, maka diusulkan agar los tersebut di rehab. Termasuk kios sembako sebanyak empat unit dengan ukuran masing-masing 4 x 5 meter yang ada di dalam los, juga ikut direhab.

Para pedagang ikan dan sayuran yang jumlahnya sekitar 50 orang, untuk sementara dipindahkan di lahan kosong depan kantor Pasar Mijen. Pemindahan itu akan berlangsung selama masa rahab los, yakni 90 hari. Proyek rehab los pedagang ikan dan sayuran ini, pekerjaannya satu paket pembangunan drainase di sepanjang sisi los dan lorong diantara deretan los. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  " MBALANGAN SQUARE " DESTINASI WISATA BERBURU BARANG LANGKA HARGA BERSAHAJA

Share This Post