Rehab Selesai Jalan Tenggeles – Dau Sudah Bisa Dilewati

oleh

Kudus, isknews.com – Jalan yang menghubungkan dua desa, yakni Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo dengan Dukuh Dau, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, kini sudah bisa dilewati. Sebelumnya, ruas jalan sepanjang sekitar 3 kilometer itu sempat tidak berfungsi, karena dibangun atau direhab dengan cara dicor, selama 90 hari atau tiga bulan.

Pantauan isknews.com, Sabtu (23/09), di lokasi proyek, pembangunan atau rehab ruas jalan itu bisa dikatakan sudah selesai 100 persen. Rehab itu bisa selesai tepat waktu, karena dalam pelaksanaan di lapangan, volume pekerjaan dibagi dua dan dikerjakan oleh dua rekanan penyedia jasa. Yakni ruas jalan Tenggeles – perempatan Hadipolo, dikerjakan oleh CV Ginaris Banyu Bening, sedangkan ruas jalan perempatan Hadipolo – pertigaan Dau, dikerjakan oleh CV Fais Jaya, semuanya dari Kudus.

Bagi warga masyarakat Desa Hadipolo, selesainya rehab serta difungsikanya Jalan Tenggeles – Dau itu, tentu saja disambut dengan suka cita. Pasalnya, sudah sekitar 5 tahun, tidak tersentuh perbaikan atau rehabilitasi. Hingga akhirnya pada Tahun Anggaran (TA) 2017 ini, ruas Jalan Desa Tenggeles (Mejobo) – Dau, besarnya anggaran pembangunan Rp 4 miliar.
Pengerjaan di atas bersamaan dengan rehab ruas Jalan Dukuh Sumber, Desa Hadipolo – Honggosoco dengan anggaran sebesar Rp 5 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus, Hari Wibowo, dalam keterangan kepada media ini, mengatakan, proyek pembangunan dua ruas jalan itu merupakan aspirasi DPRD Kabupaten Kudus, namun sumber dananya tidak sama. Jalan Sumber – Honggosoco yang anggarannnya sebesar Rp 5 miliar, sumber dananya dari APBD Kabupaten Kudus TA 2017. “Sedangkan untuk Jalan Tenggeles – Dau, anggaran sebesar Rp 4 miliar, dananya dari dua sumber, yakni Rp 1 miliar dari dana Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), ditambah bantuan keuangan Gubernur Provinsi (Bangub) Jawa Tengah, sebesar Rp 3 miliar.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Pintu Masuk Ke Jalan Menara Kudus Belum Dibuka Penuh