Relawan Siaga Bencana Nahdlatul Ulama’ Kudus Laksanakan Diklat Sar IV 2017

Relawan Siaga Bencana Nahdlatul Ulama’ Kudus Laksanakan Diklat Sar IV 2017

Kudus, isknews.com – Pendidikan dan Pelatihan Search and Rescue ( Diklat Sar ) IV Relawan Siaga Bencana Nahdlatul Ulama` Kabupaten Kudus Tahun 2017 dilaksanakan selama 3 hari di Pantai Bandengan Kabupaten Jepara. Yaitu dari Jumat s/d Ahad, tanggal 6 s/d 8 Oktober 2017.

Pelatihan Diklat Sar IV tahun ini diikuti sedikitnya 50 Peserta, diantaranya dari unsur Banom NU, perwakilan desa rawan bencana dan masyarakat umum. Mereka yang rata-rata di usia antara 17 – 40 tahun tersebut harus sanggup mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir kegiatan. Hal itu dikatakan Saiful Amri, selaku panitia kegiatan kepada isknews.com, Sabtu (7/10/17).

Dikatakan Amri, “Diklat Sar bertujuan mengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) serta membentuk relawan yang siap siaga dan waspada, lalu untuk meningkatkan kemampuan peserta terkait pengetahuan dan usaha penangulangan bencana alam,” jelas Amri disela-sela kegiatannya.

TRENDING :  Garin Nugroho : Kelemahan Pelaku Seni Pertunjukan Indonesia Adalah Pada Penyusunan Proposal Art Project

Kegiatan ini bekerja sama dengan kantor SAR Semarang (Basarnas) Posko SAR Jepara. Lebih lanjut, adapun materi yang akan didapat diantaranya, pertama, Managemen penanggulangan bencana alam. Kedua, Pengenalan dan Pemahaman teknik Water Rescue. Ketiga, Pengenalan dan Simulasi Evakuasi Search and Rescue. Terkahir Kelima, Pengenalan dan pemahaman Teknik Pertolongan Pertama (PP).

TRENDING :  Anggota Komisi IX DPR-RI Hadiri Sosialisasi KKBPK, Ali Mahir: Dua Anak Cukup

“Mereka para peserta setelah mengikuti pelatihan ini otomatis menjadi Anggota Tim Relawan Siaga Bencana Nahdlatul Ulama Kudusnantinya. Sedangkan Output dari pelatihan ini, diharapakan bisa bermanfaat untuk masyarakat ketika terjadi bencana,” tegasnya. (AJ)

TRENDING :  ​Percikan Pemikiran Kaum Pesantren Lahirkan Buku "Santri Membaca Zaman" 
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post