Residivis Rumah Spesialis Rumah Kosong Dibekuk Polisi

oleh

Blora, isknews.com (Lintas Blora) – Jajaran Polisi dari Polsek Cepu Berhasil membekuk residivis spesialis rumah kosong yang meresahkan warga. Dari tangan pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti hasil operasi tersangka dari rumah korbannya. Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP atas tidak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancaman 7 tahu penjara.

Tersangka diketahui bernama Suparman (41) warga Dukuh Tanduran Desa kemantren Kecamatan Kedungtuban. Dari hasil pemeriksanaan yang dilakukan oleh polisi, pada tahun 2014 sampai 2015 tersangka telah dua kali menjalani hukuman di wilayah Kabupaten Bojonegoro dengan kasus yang sama. Sedangkan awal tahun 2016 tersangka mulai beroperasi di wilayah Cepu.

TRENDING :  Siswanto: Musik Reggae Identitas Generasi Muda

Kapolsek Cepu, AKP Slamet, menjelaskan, dari hasil pemeriksaan tersebut ternyata tersangka telah melancarkan aksinya di wilayah Cepu. “Untuk di wilayah Kecamatan Cepu terdapat 5 Tempat Kejadian Perkara (TKP), sedangkan di wilayah hukum Kecamatan Sambong terdapat 3 TKP,” katanya, Senin (17/4/2017).

Dari pengakuan tersangka, lanjut dia, lima lokasi tersebut diantaranya pada Bulan Januari 2016 di jalan Putri Tujuh Lingkungan Nglajo Kelurahan Cepu, tersangka berhasil membawa kabur 1 buah TV LED dan Celengan uang sebesar Rp 500.000. Kemudian tanggal 21 Agustus 2016 di Kampung Jatirejo Kelurahan Karangboyo, tersangka berhasil membawa 3 buah tabung gas ukuran 3 kg. Pada tanggal 26 Desember 2016, di Jalan Nangka Kelurahan Karangboyo dan berhasil membawa 1 unit Laptop dan 1 unit Notebook. Tanggal 21 Maret 2017, di Jalan Ngareng Sawahan Kelurahan Cepu, berhasil membawa uang tunai sebesar Rp 28 juta. Yang terakhir pada tanggal 8 April 2017, di Kampung Wonorejo Kelurahan Cepu berhasil membawa kabur barang berupa 2 buah TV LED dan 2 buah tabung gas ukuran 3 kg.

TRENDING :  991 SMK DI Jateng Ikuti Bimtek Penyegaran Instruktur Klaster Implementasi Kurikulum K13

Selama melancarkan aksinya, kata Kapolsek, tersangka menyamar sebagai tukang rosok (Pemulung). Dengan modus tersebut, tersangka bebas keluar masuk lingkungan dan memastikan rumah yang menjadi incarannya tersebut benar-benar-benar kosong. “Melakukan aksinya saat siang hari dengan cara mencongkel jendela dan pintu. Sasarannya adalah rumah kosong,” jelasnya.

TRENDING :  Babinsa Dan Pemdes Karangmalang Menerima Laporan Dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kudus

“Apapun yang dia temui dia ambil. Termasuk di Kecamatan Sambong, dengan sasaran warung-warung dan rumah yang ditinggal penghuninya,” ujarnya. Saat ini pihak kepolisian masih terus melakukan pengembangan penyelidikan.

Barang bukti yang berhasil diamankan antara lain, 2 potong besi untuk mencongkel, satu buah karung plastik, satu buah keranjang, dan satu unit sepeda motor. Barang bukti lain hasil curian tersangka, antara lain, 4 unit TV LED, 3 unit sepeda motor, dan dua buah tabung gas. (as)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*