Resmi Jadi Tipe-A Bus Masuk Terminal Jati Kudus Tak Dikenakan Retribusi

by

Kudus, isknews.com – Terminal Bus Induk Jati, Kabupaten Kudus, sejak 1 Januari 2017, resmi menjadi Terminal Tipe-A. Kewenangan dan pengelolaannya pada Kementrian Perhubungan RI atau pemerintah pusat. Perubahannya, Kepala Terminal Jati Kudus, Suwarno, kini tidak lagi berkantor di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupeten Kudus, melainkan di Kantor Terminal Jati Kudus.terminal-jati-jadi-edit

Suwarno, yang dihubungi isknews.com, Rabu (04/1), membenarkan hal itu. Menurut dia, kantor yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari oleh pihaknya beserta semua pegawainya, adalah ruang kantor lama di lantai II, sedangkan kantor di lantai I yang selama ini digunakan, ditutup dan difungsikan sebagai gudang. “Dibandingkan dengan yang ada di lantai I, kantor di lantai II ini lebih luas. Namun masih dalam penataan, karena sudah lama tidak digunakan.”
Terkait dengan penetapan Terminal Jati Kudus sebagai Terminal Tipe-A, berlaku pula peraturan dan kebijakan yang harus diberlakukan, yakni tidak ada tarikan retribusi bagi semua bis yang masuk ke Terminal Jati Kudus, tanpa kecuali. Hal itu juga berlaku bagi kendaraan angkutan non bis, seperti angkutan pedesaan (angkudes). “Termasuk kendaraan pengunjung yang membawa mobil dan sepeda motor, bebas masuk ke kawasan terminal Jati, tanpa dikenakan retribusi.”

KOMENTAR SEDULUR ISK :