Revitalisasi Tugu Identitas Kudus, IJTI Muria Raya Gelar Lomba Prusiking dan Repling

oleh
Revitalisasi Tugu Iedentitas Kudus, IJTI Muria Raya Gelar Lomba Prusiking dan Repling
Foto: Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Kudus ke 469 dan mengangkat kembali tugu identitas kudus agar dikenal kepada generasi muda, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia yang tergabung dalam IJTI Muria Raya menggelar kegiatan sosial berupa bersih-bersih tugu identitas dan lomba prusiking dan repling di lokasi tugu identitas kudus.

Budi Hutomo, ketua panitia acara mengatakan, Tugu Identitas Kudus yang terletak di terletak di Desa Getas Pejaten Kecamatan Jati Kudus, atau di sebelah kanan Jalan Raya Kudus–Semarang, sekitar 1 Km ke arah selatan dari Alun-alun Simpang Tujuh, ramai dikunjungi. Tak lain karena tugu yang diresmikan Gubernur H. Ismail tahun 1987, merupakan salah satu ikon kota Kudus.

TRENDING :  Memartabatkan Bahasa Indonesia Melalui Penyuluhan Bagi Media Massa

Namun seiring perkembangan jaman, tugu yang memiliki latar sejarah perjuangan masyarakat kudus, kini semakin terkucil dan tak di kenal warga. Bahkan di sejumlah titik terlihat rumput liar yang tumbuh di tugu dan icon kudus tersebut.

“Tugu identitas kudus ini, lokasi di bangunnya tugu tersebut merupakan salah satu titik medan pertempuran melawan penjajah, namun sayang kini dibeberapa sudut tugu tumbuh tanaman liar yang merusak estetika tugu tersebut,” terangnya, Kamis (25/9/2018).

Namun sayang Sebagai salah satu ikon kota Kudus yang mulai terlupakan dan “kurang terawat”, pada momen hari jadi kota Kudus yang ke-469, Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Muria Raya, bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Serta Komunitas Garvitasi dan Mahasiswa Pecinta Alam Arga Dahana Universitas Muria Kudus, menggagas dan merencanakan untuk melakukan bersih-bersih Tugu Identitas. Selain itu, akan dilaksanakan pula lomba beregu prusiking dan repling untuk kategori Pelajar atau Umum dengan Syarat usia dibawah 19 tahun.

TRENDING :  80 Napi Rutan Kelas IIB Kudus Dapat Remisi Lebaran, 1 Diantaranya Bebas

“Lomba akan digelar hari minggu tanggal 30 september 2018 ini akan memperebutkan mendali dan uang pembinaan jutaan rupiah. Sedangkan untuk pendaftaran gratis tanpa di pungut biaya. Sementara untuk kegiatan bersih bersih tugu identitas akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 29 dan 30 hari sabtu dan minggu,” tutup Budi.

TRENDING :  Amankan Tiket 12 Besar, Persiku Junior Wajib Menang Lawan Persegal Junior

Sementara itu Plt Disbudpar kabupaten Kudus Rahma Hariyanti, mengapresiasi kegiatan yang di gelar IJTI MURIA RAYA yang peduli dengan Tugu identitas, apalagi tugu identitas kudus bukan hanya sebagai icon kudus namun juga syarat dengan nilai sejarah.

“Seluruh sendi sendi tugu ada makna khusus lho, didirikannya tugu disini dulunya adalah lokasi pertempuran pejuang pejuang masyarakat kudus dalam masa kemerdekaan, rencananya untuk kedepan tugu identitas akan kembali di berdayakan menjadi tempat ruang publik,” papar Rahma. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :