Ribuan GTT Sekolah Negeri Tak Bisa Peroleh NUPTK

Ribuan GTT Sekolah Negeri Tak Bisa Peroleh NUPTK

Blora, Isknews.com (Lintas Blora)- Ribuan Guru Tidak Tetap (GTT) di sekolah Negeri terpaksa tidak bisa memperoleh Nomor unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Lantaran terbentur persyaratan yang cukup sulit.

Dari edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), jika guru dilingkungan sekolah Negeri yang ingin memperoleh NUPTK, harus mendapat SK Bupati/Walikota dan Gubernur.

Padahal GTT di sekolah Negeri tidak bisa mendapatkan persyaratan tersebut karena harus terhalang oleh PP no 48 tahun 2005 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil.

Menurut Staf Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dindikpora Blora, Heri Nursanto, pihak Dinas tidak bisa berbuat apa-apa karena adanya persyaratan tersebut. Jika para guru ingin mendapatkan NUPTK, lanjut dia, harus menunggu peraturan itu berubah. “Jadi ada 1.171 guru GTT dibawah SD, SMP, SMA dan SMK yang tidak bisa memiliki NUPTK,” ujarnya.

BACA JUGA :  17 SMA di Kudus ikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)

Berbeda dengan guru di lingkungan sekolah swasta, tidak aturan yang menghalangi untuk mendapatkan NUPTK. Pasalnya, hanya butuh 2 tahun pengabdian, mereka sudah bisa memperoleh NUPTK. “Seperti guru tetap yayasan (GTY) hanya butuh waktu 2 tahun jika sudah mendapatkan SK dari yayasan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, GTT yang tidak memiliki NUPTK, maka GTT tersebut tudak bisa mendapatkan semua layanan atau program dan kegiatan dari Ditjen Guru dan tenaga Kependidikan. (as)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post