Ribuan Jamaah Calon Haji Kudus Ikuti Manasik Haji Massal

oleh
Ribuan Jamaah Calon Haji Kudus Ikuti Manasik Haji Massal
Foto: Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Kemenag Kabupaten Kudus menggelar Manasik Haji Massal pertama di gedung Jam’iyyatul Hujjah Kudus (JHK) Getas Pejaten, Kamis (28/6/2018).

Nampak ribuan calon haji (Calhaj) datang dari per Desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus dengan nuansa pakaian serba putih. “Tahun ini, Jamaah yang berangkat dari Kabupaten Kudus tahun 1439H/2018M berjumlah 1421 orang,” jelas Kasi Haji dan Umroh, Su’udi saat ditemui isknews.com

TRENDING :  Kiprah Mbah Surgidjati Murid Sunan Gunung Jati di Kudus

Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini, lanjutnya, adalah untuk memberikan bekal pengetahuan tentang kebijakan perhajian dan meningkatkan kemampuan setiap calon jamaah dalam beribadah.

Dikatakan Su’udi, Peserta kegiatan penglepasan jamaah calon haji Kabupaten Kudus tahun ini adalah jemaah calon haji yang telah melunasi BPIH tahun 1439H/2018M dan masuk dalam kuota haji.

TRENDING :  Dinas PUPR Kudus Kebut Perbaikan Jalan

Untuk kloter yang akan diberangkatkan dari kabupaten Kudus tahun ini berjumlah lima kloter, diantaranya kloter 53, 54, 55, 56, 57.

Untuk Kabupaten Kudus diperkirakan pemberangkatan pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2018, dan diperkirakan sampai kembali ke tanah air pada 13-14 September 2018.

Kepala Kemenag Kudus dalam pidatonya menghimbau untuk mempersiakan diri, baik segi fisik maupin mental. Pasalnya, Haji merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan ekstra fisik yang stabil, terutama harus menjaga kesehatan mulai dini hari, dan menghindari pantangan penyakit yang telah diderita. “Calhaj disarankan untuk selalu menjaga kesehatan,” pesannya dihadapan ribuan hadirin peserta Manasik Massal. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :