Ribuan PTPS Pemilu 2019 Kudus Dilantik Serentak Hari Ini

oleh
Suasana Pelantikan PTPS di Kecamatan Bae Kudus (Foto: ist)
Kudus, isknews.com –  Hari ini ribuan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilu 2019 di seluruh Kabupaten Kudus dilantik serentak hari ini.  Upacara pelantikan di pimpin oleh ketua tiap-tiap Panwaslu Kecamatan (Panwascam) di 9 Kecamatan di Kudus.

“Sebanyak 3.049 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kabupaten Kudus hari ini dilantik oleh Panwaslu Kecamatan, masing masing,” jelas komisioner Bawaslu Kabupaten Kudus, Eni Setyaningsih, yang di temui usai memberikan arahannya di hadapan ratusan PTPS Kecamatan Bae, siang tadi di Balai Desa Karang Bener, Senin (25/03/2019).

“Pelantikan ini dilakukan secara serentak tidak hanya di Kabupaten Kudus tetapi juga di seluruh Indonesia. Pelantikan ini dilakukan hari ini mengingat ketentuan pasal 90 ayat 2 Undang-undang No 7 Tahun 2017 tentang pemilu dan hari  terakhir perekrutan adalah jatuh pada hari ini,” sambungnya.

Eni menjelaskan, berdasarkan amanat undang-undang PTPS harus dibentuk paling lambat 23 hari sebelum pemungutan suara dilakukan. Masa tugas PTPS adalah sebulan, artinya mereka akan bekerja sampai 24 April 2019.

“Kehadiran PTPS merupakan yang pertama, mengingat pada Pemilu 2014 dan sebelumnya belum ada petugas khusus untuk mengawasi di tingkat TPS. Semangat adanya PTPS ini adalah agar mengurangi praktek kecurangan,” tuturnya.
TRENDING :  KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara Presentasikan Suasana Sebenarnya
Eni Setyaningsih, komisioner Bawaslu Kabupaten Kudus, saat memberikan arahannya di hadapan ratusan PTPS Kecamatan Bae, siang tadi )Foto: YM)

Tugas PTPS di dalam undang-undang disebutkan ada lima. Pertama mengawasi persiapan pemungutan suara, kedua mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, ketiga mengawasi persiapan penghitungan suara.

“Keempat (mengawasi) pelaksanaan penghitungan suara. Kelima (mengawasi) pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS (Panitia Pemungutan Suara),” pungkas Eni.

TRENDING :  UMK dan KPU Sepakati Kerjasama Penugasan 20 Mahasiswa Sebagai Operator Situng

Eni Setyaningsih yang memimpin divisi SDM dan organisasi di Bawaslu Kudus, mengatakan para anggota PTPS ini setelah dilantik kepadanya akan langsung di berikan pembekalann oleh Panwascam masing-masing.

“Berdasarkan Pasal 114 Undang-Undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyebutkan Pengawas TPS bertugas mengawasi persiapan pemungutan suara, mengawasi pemungutan suara, megawasi persiapan perhitungan suara, melaksanakan perhitungan suara, serta mengawasi pergerakan hasil perhitungan suara dari TPS ke PPK di Kecamatan.” Ujarnya.

Sementara itu Camat Bae, Mintoro AP dalam sambutannya, mengingatkan kepada para PTPS yang pernah menjadi pengawas dalam Pilkada 2018 untuk membimbing rekan-rekannya yang baru tentang kinerja pengawas yang baik.

TRENDING :  Ribuan Kotak Dan Bilik Suara Logistik Pemilu 2019 Telah Tiba Di KPU Kudus

Menurut Camat, dibutuhkan konsentrasi dan kecermatan dalam menjadi PTPS, karena dalam Pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden tahun ini. Karena Pelaksanaan Pemilu 2019 akan jauh lebih rumit daripada Pilkada yang baru saja di gelar di Kudus.

“Peserta pemilu legislatif (Pilleg)  dengan partai politik yang jauh lebih banyak dengan peringkat yang berjenjang mulai dari Daerah, Provinsi hingga Pusat di tambah Dewan Perwakilan Daerah serta adanya pemilihan Presiden yang juga dilakukan bersamaan dengan Pilleg, harus jauh lebih teliti dan seksama,” tandas dia.

KOMENTAR SEDULUR ISK :