Ribuan Siswa Ikuti Longmarch Tarhib Ramadhan

oleh
Foto: Longmarch Tarhid Ramadhan 2018, Selasa (15-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Menyambut datangnya bulan suci ramadhan, Jaringan Sekolah Islam Terpadu di Kabupaten Kudus menggelar kegiatan tarhib ramadhan. Pada Selasa (15-05-2018), bertempat di Alun-alun Simpang 7 Kudus, ribuan siswa mengikuti longmarch.

Diungkapkan oleh Ketua Panitia Tarhib Ramadhan 2018, Joko Susilo, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun saat menjelang bulan ramadhan. Kegiatan bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Kudus bahwa bulan suci ramadhan akan segera tiba.

“Kami menghimbau dan mengajak masyarakat Kudus untuk mempersiapkan lahir dan batin untuk menghadapi bulan ramadhan. Agar nantinya masyarakat dalam menjalankan puasa dengan lancar, khusu’ dan penuh hikmah,” katanya.

TRENDING :  KKN Sebagai Implementasi Pengabdian Masyarakat

Joko menjelaskan, kegiatan Tarhib Ramadhan ini dimulai dengan pentas dari masing-masing lembaga. Untuk hari ini, yang tampil dari SDIT Umar Bin Khattab dan SDIT Al Islam Kudus. Dilanjutkan sambutan dan pelepasan longmarch dari Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu se-Kabupaten Kudus.

Foto: Acara pelepasan longmarch oleh ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu Kabupaten Kudus, Selasa (15-05-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kegiatan longmarch hari ini diikuti oleh 10 lembaga Sekolah Islam Terpadu di Kudus. Antara lain, SDIT dan SMPIT Al Islam, KBIT, TKIT dan SDIT Umar bin Khattab, KB Pelangi Gribig, PAUD Mutiara Insan Rahtawu, KBIT dan TKIT Al Qalam Undaan, serta PAUDIT Utsman bin Affan Jekulo.

TRENDING :  Berikut Rute Nyepeda Bareng Kang Mus

Longmarch yang dilakukan dibagi menjadi tiga jalur. Jalur pertama untuk anak usia dini atau PAUD, melakukan longmarch dari Alun-alun ke Jalan Sunan Muria, lalu ke Jalan Veteran, kemudian arah Masjid Agung Kudus dan kembali lagi ke Alun-alun.

Jalur kedua, untuk anak SD kelas 1 – 3, dari Alun-alun ke Jalan Jendral Sudirman. Toko Modern ke utara sampai SD Barongan, masuk Jalan Veteran dan kembali lagi ke Alun-alun. Sedangkan untuk jalur ke tiga, untuk SD 4 – 6 dan SMP, dari Jalan Ahmad Yani lalu belok kanan ke Jalan Ramelan dan finish di Alun-alun Kudus.

TRENDING :  Sumber Pencemaran di Kali Pendo Hingga Kini Belum Diketahui

Didampingi oleh guru pengajar dan orang tua, ribuan siswa ini berjalan kaki pada jalur yang telah ditentukan. Raut kebahagiaan tergambar jelas di wajah para siswa. Tanpa rasa lelah, mereka mengayunkan kaki menuju garis finish yang berada di Alun-alun Kudus.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap masyarakat dapat berbahagia bersama menyambut bulan ramadhan. Dengan rasa suka cita ini, semoga dapat memudahkan ibadah puasa kita semua di bulan penuh berkah ini,” pungkas. (NNC/WH).

KOMENTAR SEDULUR ISK :