Ribuan Warga Berebut Gunungan Bulusan

by
ISKNEWS.COM
Ribuan warga yang tengah merebutkan gunungan di Dukuh Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jumat (22-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Hari Jumat (22-06-2018) menjadi pucak dari festival budaya bulusan. Sejak pagi, telah terlihat ribuan warga yang tumpah ruah memadati kawasan Petilasan Mbah Dudo yang terletak di Dukuh Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo Kudus.

TRENDING :  Kirab Gunungan Hasil Tanam Sebagai Simbol Warga Rahtawu Mencintai Gunungnya

Kedatangan ribuan warga ini seacara khusus untuk menyaksikan kirab gunungan dan pemberian makan bulus yang menjadi inti dari festival bulusan. Ketua Forum Peduli Kemaslahatan Masyarakat (FPKM), Sulaiman, mengatakan tradisi bulusan ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Hanya saja, pada tahun ini, secara perdana tradisi bulusan dikemas secara lebih menarik dan meriah.

ISKNEWS.COM
Salah seorang warga Desa Hadipolo yang mendapatkan beberapa sayuran dari gunungan bulusan, di Dukuh Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jumat (22-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

 

TRENDING :  Asal Usul Desa Banget

“Acara pada hari ini dibuka dengan tari kretek dari anak-anak Desa Hadipolo, lalu dilanjutkan dengan kirab gunungan. Tidak hanya diarak keliling Dukuh Sumber, gunungan dari perwakilan masing-masing RT dan FPKM ini juga di lombakan,” ungkapnya.

TRENDING :  Visualisasi Dhandhangan 2018 Akan Libatkan Ratusan Seniman

KOMENTAR SEDULUR ISK :