Ribuan Warga Garung Kidul Ramaikan Kirab Sedekah Bumi

oleh
Kirab Sedekah Bumi
Kemeriahan kirab sedekah bumi di Desa Garung Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Sabtu (04-08-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sejak pagi, ribuan warga berbondong-bondong datang memadati TPQ Miftakhussa’adah untuk melaksanakan kirab sedekah bumi. Sabtu (04-08-2018), pukul 08.00 WIB, acara kirab pun dimulai. Lantunan musik drumband yang dimainkan para pelajar, menjadi pembuka pawai kirab gunungan ini.

Sebanyak empat gunungan hasil bumi warga Garung Kidul, diarak keliling kampung. Dalam arak-arakan gunungan tersebut juga diramaikan dengan kesenian barongan, badut dan sejumlah warga yang tampil anggun dalam balutan busana adat Kudus.

TRENDING :  Semifinal HW Cup 2018 : Persiku Kudus Ditantang Surya Yudha Banjarnegara

Setelah menempuh perjalanan panjang kurang lebih 2 jam, rombongan kirab sampai di Lapangan timur Balai Desa. Di sana, digelar doa bersama sebagai wujud rasa syukur atas limpahan nikmat dari Tuhan. Harapan agar kedepannya, desa Garung Kidul dapat menjadi lebih baik juga terucap dalam lantuan doa bersama tersebut. Setelah doa bersama, warga langsung berebut gunungan hasil bumi.

TRENDING :  Satgas Waspada Investasi Temukan 20 Entitas Investasi Bodong, Masyarakat Diimbau Waspada

Sutarjo, Ketua Panitia kegiatan tersebut menyampaikan kegiatan sedekah bumi bukan hanya ungkapan rasa syukur atas limpahan nikmat dari Tuhan. Lebih dari itu, sedekah bumi menjadi wadah pesta rakyat dan menumbuhkan rasa kebersamaan warga Garung Kidul.

Dia menjelaskan, rangkaian sedekah bumi desa Garung Kidul dimulai dengan kegiatan khotmil Al Qur’an pada Jumat kemarin. Dilanjut dengan kegiatan kirab budaya yang dilaksanakan pagi ini. Lalu ditutup dengan hiburan ketoprak pada malamnya.

TRENDING :  Pendidik PAUD Akan Kembali Dapatkan Kenaikan Upah di Tahun 2020

“Melalui rangkaian kegiatan sedekah bumi ini, kami berharap masyarakat dapat kebersamaan dan kesatuan warga dapat terjaga. Selain itu, yang tidak kalah penting, masyarakat dapat terhibur dengan kegiatan ini,” tangkasnya. (NNC/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :