Rina Tamzil Ajak Warga Berpartisipasi Aktif Sukseskan Kampung KB

oleh
Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Kudus Hj. Rina Tamzil saat memberikan sambutan dalam kegiatan monitoring Program PKK - KKBPK Kesehatan dan Kampung KB di Desa Pedawang Bae Kudus (Foto YM)

Kudus, isknews.com – Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Kudus Hj. Rina Tamzil didampingi wakilnya Mawar Hartopo dan Endhah Sam’ani, dalam rangkaian kegiatan monitoring kesatuan gerak Kesatuan Gerak PKK  –  Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan di Desa Pedawang dan Desa Kedungsari. kembali melanjutkan monitoring wilayah kerjanya, kali ini giliran Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Pedawang Bae Kudus, Kamis (24/01/209).

Kegiatan monitoring, yang merupakan tindak lanjut dari pencanangan Kesatuan Gerak PKK – KKBPK – Kesehatan, Rina menyempatkan untuk meninjau Rumah Sehat, BKB, Posyandu dan PAUD setempat.

 “Pembentukan kampung KB dimaksudkan agar masyarakat bisa secara langsung merasakan manfaat program KB dan program pemberdayaan masyarakat,” ujar Rina mengingatkan kembali tujuan dibentuknya kampung KB yang telah berjalan di Desa Pedawang dan Desa Kedungsari.

Kampung KB merupakan cermin perpaduan program kependudukan, keluarga berencana, pemberdayaan keluarga dan pembangunan sektor terkait yang dilakukan secara sistematis dengan melibatkan stakeholder yang ada di masyarakat.

TRENDING :  Moda Wisata di Terminal Bakalan Krapyak, Becak Paling Sering Melanggar

“Kampung KB ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta membangun sektor lain, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Sehingga dapat membebaskan masyarakat dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan,” terangnya.

Menurutnya, tujuan dari Kampung KB ini erat kaitannya dengan 10 progam pokok PKK  Melalui peningkatan sinergitas antara PKK dan kampung KB, dia berharap bisa memberikan kontribusi dalam membangunan kesejahteraan masyarakat Kudus, utamanya di lokasi kampung KB.

Kepada seluruh elemen masyarakat, Rina Tamzil mengajak untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan dan mensukseskan hal tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Rina juga meminta Camat, untuk segera memulai kegiatan peningkatan usaha keluarga dan melakukan pelaporan kegiatan setiap tiga bulan sekali. Melalui kegiatan peningkatan usaha keluarga ini, ia berharap kesejahteraan keluarga bisa ikut terangkat.

“Apabila nanti ada kegiatan yang tidak optimal, mati kita evaluasi bersama. Diharapakan nanti laporanya dari bawah sampai atas bisa singkron dan bisa bermanfaat bagi masyarakat Kudus. Semua ini untuk kebaikan dan kemajuan bersama,” katanya

Dirinya juga menyampaikan himbauan dari PKK Provinsi kepada PKK Desa hingga Kecamatan untuk melaporkan program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Deteksi dini kanker serviks lewat tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) yang dilakukan oleh bidan pada tiap bulannya.

TRENDING :  Soal Regruping SD 3 dan 4 Gribig, Ini Penjelasan Kepala UPT Pendidikan Gebog

“Saya pesan himbauan dari pusat, hasil fungsi UP2K dan IVA tes harus dilaporkan setiap bulan, secara berjenjang dari PKK Desa ke PKK Kecamatan kemudian ke PKK Kabupaten untuk dilaporkan ke Provinsi sampai Pusat,” tuturnya.


Sementara itu, Kepala Desa Pedawang Drs. Moh Rifai mengapresiasi kegiatan monitoring oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus.

“Atas nama pemerintah desa kami menyampaikan terima kasih atas kehadiran tim penggerak pkk kabupaten, serta semangat tinggi penggerak pkk desa yang tadi malam lembur mempersiapkan acara ini meskipun cuaca hujan,” ujarnya.

Dengan kehadiran Tim Penggerak PKK Kabupaten diharapkan dapat memberi materi dan strategi dalam meningkatkan peran Tim Penggerak PKK Desa Pedawang sebagai Kampung KB.

TRENDING :  Banjir Dukuh Barisan, Balita Faisol Meninggal Tergelincir Di Kubangan Air Samping Rumah

“Dengan kehadiran Tim Penggerak PKK Kabupaten semoga bisa meningkatkan peran kepengurusan kampung KB untuk kedepannya,” pungkasnya.

Selama ini Tim Penggerak PKK desa telah bersinergi dengan bidan desa dalam upaya menggiatkan program-program PKK.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Pedawang Erna Sulistiani melaporkan bahwa program-program PKK sudah terlaksana dengan baik.

“Implementasi program-program pembinaan dan 8 fungsi keluarga sudah berjalan dengan baik,” jelasnya.

Dengan dukungan dan peran serta dari masyarakat, dirinya optimis program-program PKK kedepannya dapat terlaksana lebih optimal.

Di desa selanjutnya, Kepala Desa Kedungsari Madekun mengapresiasi kehadiran Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus. Kegiatan monitoring tersebut diharapkan dapat memberi masukan-masukan kepada Tim Penggerak PKK Desa.

“Kami sangat bahagia dengan kehadiran Tim Penggerak PKK di desa kami, semoga Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa semakin bersinergi,” ujarnya.

Kemudian, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kedungsari Siti Rohmah melaporkan telah melaksanakan penyuluhan kesehatan reproduksi remaja dan sosialisasi 8 fungsi keluarga.

Sementara untuk BKB – Posyandu – PAUD di beberapa tempat dipadukan menjadi satu tempat karena besarnya luas wilayah Desa Kedungsari. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :