Rina Tamzil: Cuci Tangan Pakai Sabun Bisa Kurangi Resiko Penyebaran Penyakit

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Ketua Tim penggerak PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Kudus, Rina Tamzil mengajak masyarakat untuk mencuci tangan pakai sabun. Hal ini sebagai pengingat kepada seluruh masyarakat Kudus tentang pentingnya kebersihan tangan untuk pola hidup sehat. Terutama mengajari anak anak di jenjang PAUD, TK/RA, maupun SD/MI agar familiar dengan cuci tangan pakai sabun.

“Cuci tangan pakai sabun harus dibiasakan, terutama setelah beraktifitas di luar, sebelum makan, ataupun setelah BAB,” ujarnya kepada para siswa di SD 1 Wonosoco Undaan, dalam rangka memperingati Hari Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia, Senin (15/10/2018) pagi.

Dikatakan Rina, Sebanyak 350 siswa PAUD, TK/RA, SD/MI Desa Wonosoco dan sekitarnya dilibatkan dalam acara yang merupakan program PKK Kab Kudus ini. Pun juga dimeriahkan penampilan tari cuci tangan oleh staf Rumah Sakit dr. Loekmono Hadi Kudus dan lagu cuci tangan oleh paduan suara RS. Mardi Rahayu Kudus.

TRENDING :  Waspada Demam Berdarah, Pemdes Kutuk Minta Dilakukan Fogging

Sementara itu, Bupati Kudus M.Tamzil yang hadir didampingi Wakil Bupati Kudus Hartopo dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kudus tentang pentingnya kebersihan tangan untuk pola hidup sehat. Terutama mengajari anak anak di jenjang PAUD, TK/RA, maupun SD/MI agar familiar dengan cuci tangan pakai sabun.

Bupati juga mempraktikkan langsung cuci tangan pakai sabun yang benar, bersama murid-murid SD Undaan. Saking antusiasnya, murid-murid juga meniru cuci tangan seperti yang telah dilakukan orang nomor satu di Kudus.

TRENDING :  Sistem Zonasi Tidak Lunturkan Minat Masyarakat Akan Sekolah Unggulan

“Kebanyakan penyakit ditularkan dari sentuhan tangan. Cuci tangan pakai sabun juga membantu mengurangi resiko penyakit diare. Apalagi angka kematian anak yang disebabkan diare mencapai lebih dari 5000 di seluruh dunia. Tamzil juga menyatakan tujuan warga Kudus dulu menempatkan kamar mandi di depan rumah mereka agar setelah pergi dari luar, mereka cuci tangan (bersih-bersih) dahulu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kudus juga menyerahkan bantuan sebesar lima juta rupiah untuk SD 1 Wonosoco. Sementara PKK Kabupaten Kudus menyerahkan alat-alat kebersihan untuk sekolah. Tak hanya itu, Bupati Kudus juga meminta kepada Disdikpora Kudus agar bangunan yang rusak di SD 1 Wonosoco cepat diperbaiki dengan DAK (Dana Alokasi Khusus). Dirinya juga memberikan hadiah kepada Arini, pembaca Al-Qur’an cilik kelas lima SD untuk memberikan motivasi dalam meningkatkan kemampuan Qiroah. Bahkan, guru ngaji Arini juga dipanggil ke atas panggung.

TRENDING :  Rina Tamzil, Sosok Dibalik Kebangkitan Batik Kudus

Masih ditempat yang sama, Camat Undaan, Rinardi Budiyanto menyatakan dirinya mewakili seluruh masyarakat Undaan, Desa Wonosoco, dan perangkat pendidikan seluruh Desa Wonosoco mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap acara ini. “Hari Peringatan Cuci Tangan Pakai Sabun ini menjadi motivasi agar program sehat bagi keluarga Kabupaten Kudus tercapai,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :