Riwayat Pasar Kliwon Kudus Yang Melegenda

by

Pasar Kliwon Kudus

ISKNEWS.COM-Kudus, Pasar kliwon, sebuah nama yang sangat melekat tidak hanya di ingatan, tapi juga di hati banyak orang. Bukan saja dikenal oleh penduduk lokal, tapi juga dikenang oleh siapapun yang pernah menapakkan kakinya di sana.

Sejarah tempat ini telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu. Pasar kliwon merupakan simpul dari pusat pemerintahan dan ekonomi Kota Kudus yang kemudian berkembang seiring berjalannya waktu. Jutaan detik berlalu, detak jantung Pasar kliwon tetap kencang. Ia menjadi landmark terbesar di kota kudus bahkan sejawa tengah sekaligus episentrum pedagang pakaian dan kuliner. Walau telah banyak berubah, ia tak pernah hampa cerita. Pasar kliwon senantiasa menuturkan kisah-kisah kehidupan yang pantas untuk direnungkan.

Ruang publik Pasar kliwon lebih dari sekadar tempat berdagang. Namun, juga tempat interaksi dan berekspresi. Di tengah keterdesakan ruang yang tak lagi luang, Pasar kliwon masih menjadi panggung bagi individu-individu pemilik hasrat dagang yang meluap-luap. Di Pasar kliwon mereka mencuri perhatian dengan cara yang mengagumkan, senyum yang ramah sembari menawarkan barang dagangannya. Para pedagang ini menawarkan dengan penuh keyakinan di tengah keramaian manusia yang hilir mudik kesana kemari. Keberadaan para pedagang membuat Pasar kliwon tetap istimewa meski kenyamanannya telah berkurang di makan zaman.

Pasar kliwon adalah tempat para pencari rezeki. Bukan hanya bagi para pedagang, pengayuh becak, kusir andong serta ratusan pedagang kaki lima yang berderet menyesaki jalanannya. Namun, juga bagi puluhan orang yang setiap hari menggantungkan hidupnya dengan meminta (pengemis). Mereka hilir mudik menyeberang dari satu sisi jalan ke sisi lainnya, menghampiri satu demi satu pengunjung dan juga pedagang.

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :