Rubah Kecenderungan Anak Bermain Gadget Melalui Interaksi Positif

by
Foto: Ilustrasi gadget. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Perkembangan teknologi tidak melulu berbuah positif bagi perkembangan anak-anak. Sebab di masa itu, buah hati cenderung meniru apa yang dilihat dan didengarkan, apalagi dalam fitur yang berada di gadget ada konten-konten yang tidak diperuntukkan bagi anak-anak.

Tentu, hal tersebut sangat riskan bagi pola pertumbuhannya. Misalnya dalam aspek fisik, kognitif, sosioemosional, kreativitas, bahasa dan komunikasi khusus yang sesuai dengan tahapan yang sedang dilalui oleh anak tersebut. Proses-proses tersebut mulai tergeser ke arah yang berbeda dari sebelumnya karena cepatnya teknologi.

TRENDING :  KBIT Umar Bin Khathab Kembali Terpilih Mewakili Kabupaten Kudus Maju Ke Tingkat Provinsi April Mendatang

Salah satu teknologi yang memudahkan anak untuk belajar sekaligus bermain adalah gadget (gawai –red). Meski begitu, pengawasan dari orang dewasa khususnya orangtua sangat dibutuhkan. Pasalnya, pemakaian gadget tersebut juga dapat menjadi candu yang akan sulit untuk ditanggulangi dan mengakibatkan pola prilaku yang menyimpang, jika tidak dalam pengawasan yang tepat.

Diketahui, gadget merupakan bagian dari alat komunikasi yang pada saat ini menjadi bukti kemajuan dari berbagai kondisi, untuk itu dari orang dewasa sampai anak-anak sulit untuk menghindari tidak menggunakannya.

TRENDING :  Pokdarwis Desa Jepang Mejobo Kenalkan Anak Usia Dini Cara Menganyam Bambu
KOMENTAR SEDULUR ISK :