Rumah Joglo Brojonalan, Sederhana Namun Tetap Klasik dan Cantik

by
ISKNEWS.COM
Foto: Bagian depan rumah Joglo Brojonalan, di Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Senin (02-04-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Joglo atau rumah adat masyarakat Jawa Tengah ini, ternyata memiliki banyak type. Salah satu yang banyak digunakan adalah type Kori Brojonalan. Rumah Joglo type ini, dahulu digunakan sebagai rumah niaga atau perdagangan.

Pergeseran waktu, Joglo Kori Brojonalan kini digunakan sebagai tempat tinggal. Seperti Joglo Kori Brojonalan milik Raden Edy Kurniawan, warga Desa Karangmalang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Edy sapaan karibnya, mengungkapkan jika rumah tersebut bekas Industri Tenun yang terkenal pada era Niti Soemito. Namun, dengan adanya pergeseran zaman, rumah tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai tempat tinggal.

Jika dilihat secara sekilas, tidak ada perbedaan spesifik antara rumah Edy dengan rumah Joglo Pencu Khas Kudus. Kesan yang tercipta dari rumah Joglo ini lebih sederhana, namun tetap klasik dan cantik. “Perbedaannya dari Joglo Pencu khas Kudus terlihat dari bagian depan rumah. Kalau Joglo Pencu terdapat Lawang Seregan (pintu geser -red), ukiran dan ornamen yang begitu kental di bagian pintu. Kalau Kori Brojonalan tidak menggunakan ukiran pada bagian depannya,” tutur Edy, Senin (02-04-2018).

TRENDING :  Wanita Gangguan Jiwa Membahayakan Diamankan Satpol PP Kudus

KOMENTAR SEDULUR ISK :