Rumah Khusus Bhabinkamtibmas Diresmikan, Permudah Masyarakat Dalam Pelayanan

oleh -1,128 kali dibaca

Kudus, ISKNEWS.COM – Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning meresmikan rumah kantor (Rukan) Bhabinkamtibmas di Dukuh Kauman RT 04 RW 04, Desa Besito, Kecamatan Gebog, Selasa (21/11/2017). Rukan didirikan di lahan yang semula gudang milik Bhabinkamtibmas setempat Aipda Agus Susanto.

”Rukan ini didirikan untuk efektivitas dan efisiensi Bhabinkamtibmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jadi nantinya masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Polsek atau Polres, cukup datang ke Rukan untuk mengurus administrasi,” kata Gurning.

Rukan, lanjutnya, merupakan inovasi Bhabinkamtibmas yang merupakan program Polri. Tak hanya di Kudus, Rukan juga didirikan di daerah lain seluruh Indonesia. Di Kudus sendiri rencananya bakal didirikan tiga Rukan.
”Setelah Besito, bakal menyusul di dua daerah yakni di Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo dan Ngembalrejo, Kecamatan Dawe,” tambahnya.

Lebih lanjut Gurning mengatakan, Rukan akan diberdayakan menjadi multifungsi. Selain menjadi tempat tinggal Bhabinkamtibmas di desa binaannya, juga sebagai kantor resmi untuk melayani masyarakat.

Termasuk jika masyarakat sedang terkena masalah bisa curhat dengan Bhabinkamtibmas di Rukan. Misalkan ada warga yang kehilangan SIM, KTP, atau ingin mengurus SKCK bisa dilakukan di Rukan. ”Semua permasalahan yang bisa diselesaikan di Rukan tidak perlu dibawa ke Polsek atau Polres,” tuturnya.

Rukan Bhabinkamtibmas Besito seluas 3,5 x 4,5 meter itu di dalamnya dilengkapi dengan panel data, tv, borgol, tongkat, hingga jas hujan. Diharapkan desa lainnya bisa menyusul melakukan pembangunan Rukan.

”Karena ini tujuannya baik, kami harapkan semua pihak dapat membantu. Termasuk pemerintah desa dapat membantu mendirikan Rukan untuk mempermudah masyarakat,” tandasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.