Harga Sewa Rusunawa di Kabupaten Kudus

oleh
Infografis Rusunawa di Kabupaten Kudus

Kudus, ISKNEWS.COM – Rumah Susun Sederhana Sewa (RUSUNAWA) adalah rumah susun sederhana yang disewakan kepada masyarakat perkotaan yang tidak mampu untuk membeli rumah atau yang ingin tinggal untuk sementara waktu misalnya para mahasiswa, pekerja temporer dan lain lainnya.

Rusunawa kudus pertama kali dibangun pada tahun 2009 dan diresmikan setahun setelah bangunan tersebut berdiri. Rusunawa terletak di desa bakalan krapyak yang strategis walau agak menjorok ke plosok tapi jalur akses ke pusat kota Cuma sekitar 3 km. Berdiri dengan bangunan 5 lantai termasuk lantai paling bawah rusunawa sampai saat ini masih berdiri dengan kokohnya.

Rusunawa sendiri merupakan proyek dari pemerintahan pusat yang di kelola oleh pemerintah daerah supaya menjadi satu tujuan keberhasilan pemerintah di kudus dalam mengupayakan pendirian bangunan rumah susun sederhana di ikuti oleh pembangunan berupa rusunawa baru berjumlah 2 lokal yang sekarang berarti menjadi 4 unit l. Dalam satu lantai terdiri dari 24 rumah hunian yang saya kira bertipe 21 dengan fasilitas satu ruang tamu, satu kamar mandi, dan satu ruang dapur juga sebagai ruang gudang belakang pun ada.

TRENDING :  Waspada! Bencana Tanah Longsor Intai 13 Desa di Kudus

Mengenai warga masyarakat di rusunawa Kudus itu sendiri terdiri dari berbagai daerah dan kota, prosentase untuk warga kudus mencapai 87% sedangkan yang lainnya dari kota lain. Dan kebanyakan warga rusunawa kudus merupakan masyarakat kudus yang saat ini kurang beruntung karena penurunan ekonomi, kebanyakan dari mereka malah sebelumnya adalah wiraswasta yang harus menerima kenyataan bahwa mereka mengalami penurunantaraf hidup.

TRENDING :  Puncak Kemarau, Bendungan Wilalung Mengering

Dari data yang kami peroleh lebih dari 50% warga rusunawa mengalami hal tersebut. Dan yang minoritas adalah warga yang memang sedang merangkak dari bawah dengan tujuan meningkatkan taraf hidup mereka. Keakuran dan kebersamaan warga itu sendiri dirasakan karena adanya satu ikatan dan satu hati (bisa di bilang sama-sama orang yang belum mampu dalam perekonomian untuk saat ini). Dengan satu ikatan inilah terbentuk sebuah ikatan bersama yang dalam satu wadah paguyupan.

Rusunawa Kudus pertama kali di tujukan untuk orang-orang sosial (kelompok miskin) yang taraf ekonominya sangat rendah. Dalam perkembangannya, Pemerintahan Kabupaten Kudus melalui OPD terkait, mengubah strategi tersebut bukan untuk masyarakat sosial, melainkan untuk warga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan belum mempunyai tempat tinggal tetap.

TRENDING :  Mesin PG Trangkil Rusak, Ratusan Truk Berbondong Bondong Pasok Tebu Ke PG Rendeng

Yang namanya belum mempunyai tempat tinggal tetap atau rumah sendiri adalah warga yang mempunyai tingkat ekonomi yang sulit, serta kebutuhan ekonomi yang semakin hari semakin melonjak, ditambah lagi UMK Kabupaten Kudus sangatlah kurang.

Tingkat kesadaran ini belum ada dalam Pemerintahan Kabupaten Kudus ini ditunjang belum ada sama sekali bantuan-bantuan bagi masyarakat, keberadaan Rusunawa Kudus sangat dibutuhkan.

Tarif sewa kamar Rusunawa

Lantai 1 Rp. 185.000,-
Lantai 2 Rp. 165.000,-
Lantai 3 Rp. 145.000,-
Lantai 4 Rp. 130.000,-
Lantai 5 Rp 115.000,-

Rincian
lantai 1 ada 3 kamar
lantai 2 ada 24 kamar
lantai 3 ada 24 kamar
lantai 4 ada 24 kamar
lantai 5 ada 24 kamar

Alamat Rusunawa :

Desa Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu
Kabupaten Kudus.

KOMENTAR SEDULUR ISK :