Rusunawa Kudus Akan Ditambah Fasilitas Pagar dan Taman

oleh

Kudus, isknews.com – Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Kabupaten Kudus, akan ditambah fasilitas berupa pagar dan taman. Tujuan fasilitas baru yang pembangunannya dibeayai dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kudus TA 2018 itu, selain untuk keamanan, juga keindahan. Sehingga penghuni Rusunawa yang letaknya di Desa Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus itu, merasa aman dan nyaman.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus, Abdul Halil, yang dihubungi isknews.com, Selasa (09/01/18), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu. Menurut dia, pada TA 2018 ini. Dinas PKPLH Kabupaten Kudus belum merencanakan penambahan tingkat hunian Rusunawa Kudus. Kegiatan yang terkait dengan Rusunawa, penambahan fasilitas pagar dan taman. “Masih ada bagian dari sekeliling bangunan Rusunawa yang belum ada pagarnya, sedangkan tujuan dibangunnya taman, agar suasana dan lingkungan Rusunawa sejuk dan indah.”

TRENDING :  Tamzil : Ayo Bareng-bareng Bangun Desa Agar Maju dan Sejahtera

Mengenai besarnya anggaran, lanjutnya, pagar dan taman itu dikerjakan satu paket kegiatan, total anggaran sekitar Rp 800 juta. Beaya itu sudah dianggarkan dalam APBD Kabupaten Kudus TA 2018, pembangunannya akan dilaksanakan tahun ini. “Harapan kami dengan adanya fasilitas itu, selain penghuni merasa lebih aman dan nyaman, juga diimbau mematuhi peraturan yang berlaku di Rusunawa, serta membayar uang sewa tepat waktu.”

TRENDING :  Pelayanan Perekaman E-KTP Masih Lanjut Hingga 30 September Di Tingkat Kecamatan Maupun Daerah

Seperti diberitakan di isknews.com, jumlah penghuni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kabupaten Kudus, baru sekitar 50 persen dari ruang atau kamar yang tersedia. Rusunawa di Desa Bakalan Krapyak, atau tepatnya di belakang Terminal Bakalan Krapyak (TBK) itu, mempunyai bangunan atau gedung sebanyak empat unit, masing-masing unit terdiri dari lima lantai terdiri sebanyak 396 kamar, sedangkan jumlah yang dihuni hanya 231 kamar.
Tarip sewa kamar bervariasi, setiap lantai tarip sewanya berbeda, semakin ke atas semakin murah. Rinciannya, untuk lantai I sebesar Rp 287.500 per bulan, lantai II Rp 253.000 per bulan, lantai III Rp 218.500 per bulan, lantai IV Rp 195.500 per bulan dan untuk lantai V sebesar Rp 172.500 per bulan. Ketentuan tarip itu diatur dalam Perda Kabupaten Kudus. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*