Saatnya Diremajakan Bus Mini Kudus-Jepara

Saatnya Diremajakan Bus Mini Kudus-Jepara

Kudus, isknews.com – Selain angkutan pedesaan (angkudes), angkutan umum yang beroperasi di Kabupaten Kudus yang sudah saatnya diremajakan, adalah bus mini. Selain usianya sudah tua, sebagian besar kendaraan roda empat yang melayani penumpang Kudus – Jepara itu kondisinya sudah tak laik jalan.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kabupaten Kudus, Djoko Santosa, yang dihubungi isknews.com, Kamis (15/06), di ruang kerjanya mengatakan hal itu. Menurut dia, selain usianya sudah tua, lebih dari 15 tahun, bus mini yang setiap masuk-keluar Sub Terminal Jetak, melayani penumpang jurusan Kudus – Jepara itu, sebagian besar sudah tidak lain jalan. “Dengan melihat kondisi seperti itu, kami dari organda menyarankan agar dilakukan peremajaan terhadap armadanya.”

Namun langkah itu terkendala dengan kepemilikan armada. Dia mengungkapkan, bus mini trayek Kudus – Jepara itu, pemiliknya mayoritas berdomisili di Kabupaten Jepara, hanya sebagian kecil yang dimiliki warga Kudus. “Dari sekitar 60 unit bus mini yang beroperasi di Kudus, hanya sekitar 10 unit yang pemiliknya orang Kudus.”

Karena memang tidak ada model angkutan (moda) lain, keberadan bus mini itu tetap dibutuhkan. Namun karena faktor usia sehingga oleh pemiliknya armada dikandangkan, juga karena kalah bersaing dengan sepeda motor. Akibatnga jumlah bis mini itu semakin berkurang. “Sebelumnya ada sekitar 100 unit bus mini, sekarang ini hanya sekitar 50-60 unit,” jelas Ketua DPD Organda Kabupaten Kudus itu. (DM);

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  CFD Mulai Lagi Minggu Depan 17 Juli 2016

Share This Post