Sabtu Hari Ini Pembagian Kelas Dan Jurusan PDB SMA TP 2016-2017

KUDUS, isknews.com – Sabtu (16/7) hari ini, adalah hari pembagian kelas dan jurusan Peserta Didik Baru (PDB) SMA Tahun Pelajaran (TP) 2016-2017. Terkait hal itu, pada hari ini, para PDB diminta datang ke sekolah, untuk diperlihatkan ruang kelas yang akan ditempati.
Menurut Humas SMA-1 Gebog, Kabupaten Kudus, Yudi, yang dihubungi isknews.com via telepon selulernya, Sabtu (16/7), pembagian kelas, atau lebih tepatnya penempatan kelas pada hari ini, disesuaikan dengan penjurusan masing-masing yang ada di SMA-1 Gebog, yakni Jurusan Bahasa Indonesia (BI), llmu Pengetahuan Alam (IPS) dan Ilmu Pengetahun Sosial (IPS). “Dalam rangka pembagian jurusan itu, sebelumnya dilakukan tes terhadap para PDB, untuk mengetahui potensi kemampuan yang menyangkut kesiapan mental masing-masing siswa.”
Kesiapan mental tersebut, ungkapnya lanjut, sangat menentukan hasilnya bagi sekolah, untuk penjaringan pada jurusan yang diminati siswa. Pada saat dilakukan penjaringan, bisa terjadi siswa yang berminat pada jurusan IPA, mengikuti tes untuk jurusan tersebut. Akan tetapi pada saat pelaksanaan tes, ternyata yang siswa yang bersangkutan tidak siap mental, sehingga disarankan beralih ke jurusan lain, IPA atau BI. “Jadi pembagian kelas hari ini, adalah sekaligus juga penempatan jurusan masing-masing siswa. Sehingga pada hari pertama masuk sekolah, Senin (18/7) lusa, kegiatan belajar mengajar bisa langsung dimulai.”
Mengenai pembagian kelas itu, dia menjelaskan, sesuai petunjuk teknis (juknis) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora), tidak akan ada kelas favorit. Karena jika itu dilakukan akan berpengaruh terhadap psihologi siswa. Penempatan siswa di semua kelas di SMA-1 Gebog yang meliputi Kelas-A hingga F, dibuat pemerataan dengan cara penggabungan antara siswa yang hasil ranking tesnya teratas, sampai yang terendah. Dengan sistem itu, selain bertujuan memotivasi siswa, juga memudahkan guru dalam mengajar.” (DM)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?
Baca Juga :  SMK Al - Islam Kudus Terbukti Lebih Unggul dan Lulus Langsung Kerja