Sahidnya Santri Sarang Asal Kudus

by

isknews.com – Derasnya hujan mengiringi pemakaman Adib Rofiudin (19) bin Nur Said, santri pondok pesantren Al Anwar Sarang Rembang asal Cendono Dawe Kudus yang Kamis (5/1) kemarin meninggal hanyut di embung (waduk kecil-red) Lodan Sedan Rembang.

Para tetangga, tokoh masyarakat, beberapa teman satu angkatan IKSAB TBS 2016, santri PP. Al Anwar Sarang Rembang, alumni sarang Kesanku (Keluarga Santri Sarang Kudus) dan guru madrasah TBS Kudus turut memberikan penghormatan terakhir saat pemakaman Adib alumni MTs Miftahul Falah dan MA TBS Kudus angkatan 2016 pada Jumat (6/1) meski kondisi hujan deras.

“Insya Allah Syahid” kata Zainuddin alumni Sarang yang masih punya hubungan kerabat dengan almarhum saat mengikuti pemakaman. Menurutnya Adib meninggal dengan predikat mati syahid akhirat karena masih dalam masa-masa thalabul ilmi (belajar ilmu agama) di pondok dan meninggal karena tenggelam. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa mati syahid ada tiga macam, Syahid Dunia Akhirat, Syahid Dunia dan Syahid Akhirat.

Syahid Dunia Akhirat ialah orang yang meninggal dalam peperangan, menurut hukum dunia tidak boleh dimandikan dan dishalatkan sedang menurut hukum akhirat, baginya memperoleh pahala istimewa dengan menggapai derajat kesempurnaan mati syahid.

KOMENTAR SEDULUR ISK :