Saka Pariwisata Kudus Diminta Dukung Sapta Pesona Wisata

Saka Pariwisata Kudus Diminta Dukung Sapta Pesona Wisata

Kudus, isknews.com – Anggota Pramuka Satuan Karya (Saka) Pariwisata diminta ikut membantu promosi pariwisata di daerah. Saka Pariwisata juga diharapkan ikut mendukung kampanye Sapta Pesona Sadar Wisata khususnya di kalangan generasi muda dan anggota pramuka pada umumnya.

“Bekal pengetahuan tentang kepramukaan, kepariwisataan dan Sapta Pesona Sadar Wisata hendaknya dapat dijadikan pegangan para pengurus dan anggota Saka Pramuka untuk ikut memajukan pariwisata di Kudus” pesan pinsaka Pariwisata Kudus Sutopo, S.Pd saat memberikan pembekalan pada acara pengukuhan Saka Pariwisata di Graha muria Hotel, Colo Dawe Kudus, Jum’at (6/1/2017).

Anggota Saka Pariwisata yang dikukuhkan sebanyak 38 pelajar yang berasal dari berbagai SMA/SMK/MA Sederajat di Kudus. Mereka sebelumnya menerima pembekalan tentang kepramukaan dan kepariwisataan. Setelah pelantikan, mereka juga melakukan kunjungan menjelajahi daya tarik obyek wisata Air Terjun Kedung Gender di desa Japan dan keindahan alam sekitarnya.

BACA JUGA :  Program Guru Mengajar Bersama, Solusi SD Kekurangan Murid

Menurut Sutopo, dengan dilantikanya anggota pramuka Saka Pariwisata, bukan menjadi akhir kegiatan kemah pariwisata, tetapi justru menjadi awal untuk melangkah menyumbangkan tenaga dan pikiran demi pembangunan kepariwisataan di kabupaten Kudus. “Sebagai anggota pramuka Saka Pariwisata, tentunya patut berbangga diri karena bisa menjadi bagian dari generasi muda yang peduli dan berminat mengembangkan sektor pariwisata. Sektor pariwisata ini mampu menjadi pengungkit pembangunan sektor lainnya dan juga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Sutopo yang juga melantik peserta dewan saka tersebut.

Sutopo meminta, anggota pramuka saka pariwisata, diminta memanfaatkan media sosial yang dimilikinya untuk membantu promosi wisata Kudus. Promosi melalui media sosial dinilai mampu menembus kalangan masyarakat banyak, khususnya generasi muda. “Promosi konvensional dengan siaran keliling dan membagikan leaflet atau brosur, memang sudah tidak efektif.  Agar wisatawan dari luar kota, bahkan di luar negeri bisa mengetahui wisata Kudus, maka harus melakukan promosi melalui internet dan media sosial,” ujar Sutopo

BACA JUGA :  Menuju Sekolah Adhiwiyata Tingkat Nasional

Dibagian lain, Sutopo juga meminta agar anggota saka pariwisata mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. “Janji pramuka itu tidak ahanya diucapkan, tetapi harus diamalkan. Jika diamalkan, maka pramuka akan menjadi orang yang baik, dan tidak terlibat narkoba,” pesan Sutopo

Saka Pariwisata merupakan wadah pendidikan bagi anggota Pramuka agar mereka dapat membina dan mengembangkan ketrampilan di bidang pariwisata. Dalam Saka Pariwisata ada tiga krida yakni Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemanduan Wisata, dan Krida Kuliner Wisata.

“Ketiga hal yang masuk dalam Saka Pariwisata ini diharapkan dapat mendukung dan ikut mensukseskan program sadar wisata yang berprinsip pada Sapta Pesona Wisata yakni aman, tertib, bersih, ramah, sejuk, indah, dan kenangan terakhir,” Pungkasnya. (AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post