Sambut Hari Kartini, Polwan Polres Jepara Kenakan Kebaya Saat Berikan Pelayanan

oleh
Foto: Polwan Polres Jepara Kenakan Kebaya. (Istimewa)

Jepara, ISKNEWS.COM – Menyambut Hari Kartini yang jatuh pada Sabtu (21-4-2018), anggota Polisi Wanita (Polwan) yang bertugas di Mapolres Jepara, mengenakan pakaian kebaya, pada Jumat (20-4-2018). Mereka memakai pakaian adat jawa mulai dari pagi, hingga sore hari untuk melayani masyarakat. Hampir di setiap satuan atau unit polwan mengenakan pakaian jawa ini. Mulai dari pelayanan SIM, SPKT, SKCK, Samsat hingga penyidik unit PPA.

Hal ini sebagaimana dikenakan oleh Bripka Siska Agus Rahman yang bertugas di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Jepara. Dengan mengenakan kebaya dominan hitam, ia menerima beberapa aduan dari warga. Termasuk memeriksa tersangka kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

TRENDING :  DLH Mengaku Belum Teliti Air Sungai Karangrandu Yang Menghitam

“Selama ini, pakaian ikut fashion laki-laki, saat mengenakan kebaya, seperti kembali jadi perempuan. Semangat kerja juga bangkit lagi,” kata Bripka Siska Agus Rahman yang bertugas di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Jepara, pada Jumat (20-4-2018), di kantornya.

TRENDING :  Marah Saat Diingatkan, Warga Desa Tubanan ini Tendangi Polisi di Alun-Alun Jepara
Foto: Polwan Polres Jepara Kenakan Kebaya. (Istimewa)

Namun ia harus berpikir ulang, jika harus mengenakan kebaya saat bertugas tiap hari. “Kalau pakai celana lebih praktis. Kerjapun tidak ada hambatan, apalagi sering dilapangan,” tuturnya.

Hal ini juga disampaikan oleh Bripda Anif Rahmawati, dengan mengenakan pakaian kebaya, ia bisa menjiwai jiwa dan semangat kaum perempuan. Tanpa Raden Ajeng Kartini, kata Anif, wanita Indonesia tidak mungkin bisa seperti sekarang. “Untuk memaknai perjuangan beliau, tanpa Kartini, kita tidak bisa seperti sekarang ini,” kata Polwan cantik yang betugas di SPKT ini.

TRENDING :  Potong Tumpeng Dan Pelepasan Balon Iringi Puncak peringatan HUT 63 Satlantas Polres Kudus

Sementara itu, Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengatakan, menyambut hari Kartini ini Polwan yang memberikan pelayanan memang mengenakan kebaya. “Ini sebagai simbol peringatan dan menghormati Hari Kartini. Selain itu peringatan ini juga dilakukan dengan bakti sosial polwan ke pesantren khusus wanita,” jelas Kapolres. (ZA/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :