Sambut Tahun Baru Hijriyyah, Santri PP. MUS-YQ Kwanaran Menggelar Istighatsah

Sambut Tahun Baru Hijriyyah, Santri PP. MUS-YQ Kwanaran Menggelar Istighatsah

Kudus, Isknews.com – Tahun baru hijriyyah 1438 H yang jatuh pada hari Ahad Kliwon (02/10/16) adalah momen berarti bagi umat Islam. Pergantian tahun 1437 H menuju tahun 1438 H menjadi media untuk muhasabah pada diri pribadi dan munajat kepada Allah Subhanahu wata’ala.  Untuk itulah Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an- Ma’had Al-Ulumisy Syar’iyyah (PP. MUS-YQ) yang beralamat di Kwanaran Kajeksan No. 139 a ini menggelar acara Istighatsah Akhir dan Awal Tahun Hijriyyah.(1/10)

“Kegiatan semacam ini adalah tradisi rutin tahunan Pondok pesantren yang masih di bawah naungan Yayasan Arwaniyyah pimpinan KH. M. Arifin Fanani. Harapan dari acara ini adalah semoga Allah memberikan keberkahan kepada kita semua serta memberi keberhasilan pada tahun baru ini. Ibarat kertas yang masih putih semoga selalu terjaga kesuciannya serta lebih baik dari tahun sebelumnya.” kata Aufa Ni’amillah Kasi Ma’arif PP. MUS-YQ.

BACA JUGA :  STAIN Kudus Wisuda 67 Magister dan 484 Sarjana

Acara yang diikuti oleh 315 santri putra ini dilaksanakan di Aula pondok dimulai selepas shalat Ashar berjamaah. Istighatsah akhir tahun hijriyyah dibuka dengan bacaah iftitah oleh Ustadz Mukhlason dilanjutkan dengan pembacaan tahlil tasbih dan pengakuan diri sebagai orang yang dzalim dalam bahasa arab sebanyak 100 kali, istighfar dengan lafadh khusus sebanyak 3 kali, Surat Al Lail, Asy Syams, Al Ikhlas, An Nas dan Al Fatihah secara serentak. Acara istighatsah akhir tahun ditutup dengan bacaan do’a akhir tahun.

Usai shalat maghrib berjama’ah acara dilanjutkan dengan istighatsah awal tahun. Dalam istighatsah kali ini disamping Ustadz Mukhlason ada Ustadz Zainal Arifin yang ikut memimpin acara istighatsah. Dimulai dengan bacaan do’a awal tahun dilanjutkan dengan shalat hajat. Usai shalat hajat para santri dengan dipimpin oleh ustadz Zainal Arifin bersama-sama membaca shalawat 10 kali, baqiyatus shalihat 10 kali, doa sapu jagat 10 kali dan berdoa sesuai dengan keinginan masing-masing. Setelah berdoa masih dilanjutkan dengan ayat kursi 7 kali, surat Yasin, surat Waqiah, shalawat khaliliyyah 40 kali dan berdoa. Semua yang dibaca terangkum dalam buku kecil “Al Awrad Al Yawmiyyah” cetakan PP. MUS-YQ. Dalam buku tersebut juga ada wirid dan doa-doa lainnya. (AS/Pict.Irham)

Share This Post