Sanjoto, Manisan Legit Menyehatkan Pertama di Dunia

Sanjoto merupakan produk manisan menyehatkan terobosan terbaru dan pertama di dunia.

Sanjoto merupakan manisan yang terbuat dari buah parijoto.

Buah parijoto dengan nama ilmiah Medinella speciosa merupakan buah yang tumbuh pada ketinggian diatas 800 mdpl di area Gunung Muria, Kabupaten Kudus. Saat ini, Buah parijoto banyak dijumpai di area Ziarah Makam Sunan Muria, Colo, Kudus. Pada area ziarah, buah parijoto dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan penikmat utama para ibu hamil. Penikmat perijoto masih terbatas pada ibu hamil karena mitos tentang buah parijoto yang menyebutkan bahwa mengonsumsi buah parijoto selama hamil dipercaya akan melahirkan anak dengan wajah tampan atau cantik. Namun, bukan hanya mitos yang sudah mendarah daging, buah parijoto juga kaya manfaat dengan kandungan berupa kardenolin, saponin, dan flavonin. Kandungan buah parijoto tersebut telah terbukti berguna sebagai antioksidan, antikanker, dan antibakteri. Masih sedikitnya penikmat parijoto dikarenakan rasa asli buah parijoto yang sepat dan asam.

03
Oleh karena itu, civitas akademika Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang terhimpun dalam tim Program Kreativitas Mahasiwa bidang Kewirausahaan (PKM-K) mencetuskan sebuah ide kreatif berupa penyebaran manfaat parijoto melalui pemasaran Sanjoto (Manisan Parijoto). Tim PKM-K sanjoto disusun oleh Ririn Wardani Zuhruf (Kesehatan Masyarakat/2013), Della Arny Novera (Pendidikan Ekonomi Akuntansi/2013), Tri Septa Anggraini (Kesehatan Masyarakat/2013), Isnaeni Anggi Safitri (Kesehatan Masyarakat/2013), dan Wisnu Afandi (Kesehatan Masyarakat/2014) dengan dukungan Ibu Arum Siwiendrayanti, S.K.M., M.Kes (Dosen bidang ilmu Kesehatan Masyarakat) sebagai dosen pembimbing.
“Kami melihat bahwa buah parijoto yang terbukti kaya manfaat selama ini masih tersembunyi di puncak Gunung Muria, oleh karena itu melalui payung Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan (PKM-K) yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti, kami berinisiatif untuk terus membagi manfaat buah parijoto ke semua kalangan sehingga khasiatnya dapat dinikmati oleh masyarakat di seluruh dunia”, ujar Tim PKM-K “Sanjoto” Universitas Negeri Semarang di Semarang, Kamis (23/6).
Produk sanjoto diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat Indonesia dan Dunia akan perlindungan terhadap efek pemanasan global. Selain pemanasan global, pemasaran sanjoto juga bertujuan untuk menggencarkan penyebaran manfaat buah parijoto lainnya ke semua kalangan baik anak-anak, remaja, maupun dewasa.
Produk sanjoto diproduksi dalam dua varian rasa yaitu original dan jelly. Sanjoto jelly merupakan produk dengan kombinasi agar jelly yang kaya serat untuk menambah sensasi rasa yang khas. Sementara sanjoto original merupakan sanjoto dengan butir buah asli yang dibalut dengan lumernya gula bercampur rasa asam khas parijoto.
Produk Sanjoto original memiliki bahan utama yaitu buah parijoto dan bahan tambahan berupa air, gula pasir, dan garam. Proses pembuatan Sanjoto cukup sederhana yaitu dimulai dengan perebusan larutan gula hingga mendidih, kemudian merebus buah parijoto dalam larutan gula hingga mengental. Setelah mengental, butir parijoto yang termasak segera ditiriskan dan didinginkan untuk selanjutnya dikemas dalam wadah cup plastik. Sedangkan produk sanjoto jelly dibuat dari bahan utama parijoto yang telah diolah menjadi manisan kemudian ditambahkan agar jelly untuk dibuat Jelly. Pembuatan Jelly dilakukan dengan memasak agar jelly dan larutan gula hingga mengental, kemudian menambahkan butir manisan parijoto dan didinginkan hingga mengeras. Setelah jelly mengeras, sanjoto jelly dikemas dalam cup plastik dengan label Sanjoto Jelly. Setiap kilo buah parijoto akan menghasilkan produk sanjoto original dan sanjoto jelly sebanyak 70 cup. Harga yang dibandrol untuk sanjoto jelly hanya Rp5000,- sedangkan untuk sanjoto original hanya Rp7000,-.
Sebagai produk manisan sehat, produk sanjoto fokus terhadap khasiat disetiap butirnya. Setiap butir sanjoto mengandung buah asli parijoto, sehingga khasiatnya tetap terjaga hingga sampai kepada konsumen. Oleh karena itu, hadirnya sanjoto diharapkan mampu menjadi konsumsi menyehatkan di semua kalangan masyarakat yang nikmat dan ekonomis. Untuk menikmati legitnya sanjoto, pemesanan dapat dilakukan dengan mengunjungi laman website http://manisanparijoto.simplesite.com/ dengan klik menu cara pemesanan atau mengunjungi halaman facebook Sanjoto “Manisan Parijoto” dan klik menu beli sekarang. (advertorial)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  Turnamen Bola Voli Garuda Jepara Cup 2016 Didukung Sukun Spirit Of Sport

Share This Post