Santoso, Kepala BP2MK Wilayah II Pati : Tiap Tahun, Kepala Sekolah Wajib Lapor LHKPN

by
Santoso, Kepala BP2MK Wilayah II Pati : Tiap Tahun, Kepala Sekolah Wajib Lapor LHKPN ISKNEWS.COM
Foto: Santoso, Kepala BP2MK Wilayah II Pati. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Seluruh Kepala Sekolah setiap tahunya diwajibkan melaporkan harta kekayaanya. Perihal tersebut disampaikan Santoso, Kepala BP2MK Wilayah II Pati usai melakukan sosialiasi penggunaan e-LHKPN di Aula Bakorwil Pati, Jumat (29-6-2018).

Santoso mengemukakan bahwa pejabat negara termasuk kepala sekolah wajib melaporkan kekayaannya. Menurutnya, itu merupakan peraturan pemerintah. Sesuai dengan Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 700/10 Tahun 2017 tentang Wajib Lapor Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, seluruh Kepala SMAN/SMKN dan Kepala SLB Wajib melaporkan harta kekayaannya.

“Dalam keputusan Gubernur tersebut, tertera jika Kepala SMAN/ SMKN/ SLB di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga termasuk wajib lapor HKPN. Jadi, para kepala sekolah ini diharapkan mulai melaporkan harta kekayaannya kepada negara,” katanya.

TRENDING :  Regrouping Sekolah Minim Siswa Dinilai Gagal, Disdikpora Kudus Rintis Sekolah Unggulan

Dia juga menegaskan, ketentuan terkait dengan pelaporan harta kekayaan juga di atur dalam peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nomor 07 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pengumuman, dan Pemeriksaan LHKPN, periode posisi harta yang dilaporkan sesuai dengan periode perubahan jabatan. Dalam artian, posisi harta saat menjabat pertama kali hingga memangku jabatan baru atau pensiun.

TRENDING :  Buntut Aksi Dukung Kepala Sekolah, Siswa SDN 1 Penggung Mogok

KOMENTAR SEDULUR ISK :