Sapa Pagi ISK – “Empati”

oleh
ISKNEWS.COM
Salah satu Koridor di Gedung Lawang Seewu Semarang (Foto: YM)

Selamat Pagi Sedulur ISK, Pandanglah sesuatu juga dari sudut pandang orang lain, jika itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin itu juga menyakiti orang lain itu juga, itulah juga yang dikenal dengan empati.

Empati sebagai sebuah kemampuan untuk mengenali persepsi, emosi dan perasaan orang lain dan setelah itu mengutarakannya.

Atau dengan kata lain empati bisa juga diartikan sebagai kemampuan untuk melihat dan berpikir dari sudut pandang orang lain. Di jaman sekarang, sering kali ini adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan.

TRENDING :  Pemdes Purwokerto, Kembangkan Batik Dengan Bahan Pewarna Alami

Kita  menyadari bahwa saat ini banyak sekali perdebatan yang terjadi terutama di ruang media sosial. Setiap orang saling berpendapat, berargumen dan merasa bahwa pandangan dan pikiran merekalah yang paling benar.

Di dunia ini terdapat banyak sekali manusia dengan berbagai bentuk, warna kulit, ras, dan pikiran. Dan karena pikiran itulah yang membuat cara pandang untuk melihat sesuatu bisa berbeda.

TRENDING :  Inilah Potret Kehidupan Buruh di Kabupaten Kudus

Dan yang jelas itu tak salah karena itu bukan tentang benar atau salah dalam menyikapi pandangan kita. Tapi, ini tentang segala rasa yang ada disekitar kita yang dipandang dari sisi yang lain.

Semua manusia itu memiliki cara pandang yang tak sama dengan yang lainnya termasuk kita tentunya.

Hanya saja perdebatan bukanlah sarana yang tepat untuk mencapai suatu tujuan bersama. Bisa jadi apa yang ingin kita capai justru terhambat hanya karena kita sibuk berdebat.

TRENDING :  Banjir Tak Menyurutkan Semangat Siswa Memperingati Hari Kartini

Salah satu langkah kecil yang bisa kita lakukan adalah dengan belajar berempati – mencoba lebih memahami pikiran, perasaan dan perspektif orang lain.

Jikalau kita mampu untuk lebih memahami orang lain maka hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan mengingatkan orang-orang terdekat kita, supaya lebih banyak lagi orang yang bisa mengerti dan memahami perbedaan.  Selamat Pagi Semua. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :