Sapa Pagi ISK – “Pendidikan Sepanjang Hayat”

by
Sedulur ISK,
Para pelajar Sekolah Dasar di Kecamatan Kaliwungu saat menyambut Kirab di wilayahnya (Foto YM/ISKNEWS.com)

Sedulur ISK, seorang filsuf  Plato mengatakan, pendidikan adalah untuk membuat orang lebih baik, maka sewajarnyalah kalau kita berharap bahwa ketikaorang tua kita menyekolahkan kita, atau  kita menyekolahkan anak-anak kita, mereka berharap kelak akan menjadi orang baik. Baik dalam arti kata seutuhnya, baik otaknya dan baik juga batinnya serta tentu baik perilakunya.

TRENDING :  Ketika Disuruh Menghapus Garis Murid ini Menemukan Pesan Luar Biasa

Pendidikan sejatinya tidak sekedar mengasah otak kita atau anak-anak kita menjadi cerdas belaka, tetapi juga mampu mengasah jiwa atau ruhnya menjadi lebih berakhlak. Alangkah eloknya kalau kita melihat anak kita ketika mereka lulus sekolah, mereka cerdas dan juga berakhlak mulia.

TRENDING :  Sapa Pagi ISK - “Tahanlah Lelah”

Santun dalam bersikap maupun bertutur kata walaupun tetap dengan pemikirannya yang kritis dan sangat sigap dalam menyikapi suatu persoalan, baik persoalan yang berkaitan dengan bidang keilmuan atau ipteknya, maupun yang berkaitan dengan masalah-masalah kehidupan di sekitarnya.

Rasul mengatakan, bahwa orang yang pintar adalah mereka yang berdimensi akhirat. Artinya, orang yang selalu berperilaku dengan mempertimbangkan konsekuensi pada dirinya bagi kehidupan akhiratnya kelak. Dia percaya bahwa ketidakjujuran atau ketidakadilan akan dimintai pertanggungjawaban kelak di hari akhir.

TRENDING :  Cara Refresing KMB Kudus Dengan Gowes Blusukan
KOMENTAR SEDULUR ISK :