Sapa Pagi ISK – “Silaturahmi”

oleh
Ikan Koi (Foto YM)

Sedulur ISK, Silaturahmi  atau hubungan horizontal antar sesama manusia yang berlandaskan kasih sayang,  dimaksudkan sebagai hubungan yang tidak mengandung unsur pamrih dan kepentingan, baik kepentingan pribadi, golongan dan kepentingan duniawi lainnya.

Pertemuan dan persaudaraan yang didasari atas konsep silaturahmi tidak akan pernah putus dan berhenti. Sebaliknya teman dan sahabat yang berlatar belakang kepentingan dan pamrih tentu juga akan berakhir ketika kepentingan dan pamrih itu habis pula.

TRENDING :  Sapa Pagi ISK - "Empati"

Dalam agama kita juga  menyuruh umatnya untuk  memperbanyak silaturrahmi dengan siapapun dan dimanapun,  sebab dalam kehidupan keseharian, setiap individu selalu membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri.

Oleh karenanya kita harus memperbanyak teman dan sahabat dengan tulus dan ikhlas karena Allah. Semua itu akan menyebabkan hidup terasa mudah.

Sekalipun manusia selagi masih hidup akan tetap punya masalah, dengan saling silaturahmi maka masalah tersebut akan diringankan.

TRENDING :  Sapa Pagi ISK - "Bersyukur Buruh"

Bahkan, bila dalam persahabatan dimaksud seseorang banyak memberikan kontribusi positif, maka ia tetap akan tetap dikenang dalam ingatan (memori) orang banyak, sekalipun ia sudah meninggal dunia.

Suasana antara kita harus bersifat saling menghormati dan menghargai,  bukan menyombongkan diri dan mencari-cari kelemahan teman dan sahabat. Penghormatan dan penghargaan itu didasarkan pada keikhlasan.

Antara pribadi yang satu dengan yang lainnya harus sama-sama menyadari bahwa memelihara suasana demikian merupakan ibadahtidak saling mencurigai dan selalu berbaik sangka antara sesama merupakan persoalan asasi untuk memastikan kebaikan dalam kebersamaan.

TRENDING :  Sapa Pagi ISK - " Ojo Dumeh"

Suasana ini tentu akan melahirkan iklim kerjasama yang baik dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari,  saling menasehati tentang kebenaran (dengan cara yang benar dan waktu yang tepat) dan saling menasehati tentang kesabaran.

Sedulur ISK, silaturrahmi merupakan intisari cara bersosialisasi dan berinteraksi  yang dapat menjadi dasar kokohnya bangunan persaudaraan. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :