Sapa Pagi ISK – ” Tepa Slira”

oleh
Tepa Slira
Dorong Mobil Mogok (Foto: YM)

Sedulur ISK  kita sebagai manusia adalah makhluk sosial, yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Sehingga diperlukan suatu hubungan yang harmonis agar kita dapat menjalani kehidupan ini dengan baik.

Disinilah peran sikap tenggang rasa sangat diperlukan, untuk mewujudkan suatu hubungan yang harmonis antar sesama, kita harus bisa saling menghargai dan menghormati perasaan orang lain.

Sikap tenggang rasa adalah suatu sikap hidup dalam ucapan, perbuatan, dan tingkah laku yang mencerminkan sikap  menghargai dan menghormati orang lain.

TRENDING :  Kontingen Kudus Bawa Pulang 3 Medali di Ajang KSM Tingkat Jateng 2018

Kita harus dapat bergaul dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja, dapat merasakan atau menjaga perasaan orang lain sehingga orang lain tidak merasa tersinggung, bisa menempatkan diri pada lingkungan pergaulan dengan benar sehingga tercipta suasana yang rukun, harmonis, serasi, selaras, dan seimbang.

Sebagai makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, manusia selalu ingin hidup bersama dengan manusia lainnya, karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia.

TRENDING :  Sapa Pagi ISK - "Pendidikan Sepanjang Hayat"

Sehingga dengan mengembangkan sikap tenggang rasa, manusia dapat bersosialisasi dan menjalankan kodratnya sebagai makhluk individu dan juga makhluk sosial.

Sikap tenggang rasa juga disebut Tepo Seliro merupakan sebuah ungkapan dari Bahasa Jawa, yang memiliki arti kita merasakan apa yang orang lain rasakan.

Dalam pergaulan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tetap terjalin rasa persatuan dan kesatuan yang menjelma menjadi kerukunan. Dan kerukunan itu akan tetap berjalan baik, selama kita saling menghormati dan memupuk sikap tenggang rasa antar sesama.

TRENDING :  Sapa Pagi ISK - “Menggapai Pencapaian”

Kita perlu menyadari bahwa setiap orang mempunyai hak dan kewajiban asasi yang sama. Oleh karena itu kita harus bertenggang rasa terhadap orang lain agar mereka mendapatkan kesempatan menerima hak-haknya dan melaksanakan kewajibannya dengan sebaik-baiknya.

Sedulur ISK, kita wajib menjaga dan menghormati hak dan kewajiban orang lain agar hak dan kewajiban kita juga dihormati oleh orang lain pula. Selamat Pagi, Selamat Beraktifitas. (YM)

 

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :