Satlantas Polres Kudus Raih Penghargaan Peringkat 2 Nasional Penanganan Kecelakaan

oleh
ISKNEWS.COM

Kudus, ISKNEWS.COM – Satlantas Polres Kudus berhasil menorehkan prestasi membanggakan, setelah dinobatkan sebagai peringkat dua nasional dalam penanganan kecelakaan lalu lintas. Penghargaan yang bertajuk IRMS Awards 2017 ini diberikan oleh Korlantas Polri dan Jasa Raharja, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, belum lama ini.

Kasatlantas Polres Kudus AKP Eko Rubiyanto melalui Kanit Laka Iptu Ngatmin mengatakan, sangat bersyukur dapat meraih penghargaan Integrated Road Management System (IRMS) yang baru digelar tahun ini.

Menurutnya, penghargaan ini adalah salah satu yang bergengsi karena tingkat nasiona, di mana para pesaingnya dari polres seluruh Indonesia. “Tentunya bangga, apalagi ini merupakan penghargaan pertama kali yang diraih di tingkat nasional,” tuturnya, Kamis (15/11/2017).

ISKNEWS.COM

Dijelaskan Ngatmin, untuk meraih penghargaan ini dibutuhkan perjuangan keras. Sebab proses penilaian yang dilakukan berlangsung selama hampir satu tahun lamanya.

TRENDING :  Anggota Polres Kudus Dilarang Punya Perut Gendut, Kalau Ketahuan Bisa Kena Hukuman Seperti Ini

Dibutuhkan keseriusan dan sinergitas yang baik antarlembaga dalam menangani kecelakaan. “Salah satu yang menjadi poin penilaian adalah sinergitas dengan jasa raharja. Yang mana dalam setiap kecelakaan terdata baik di Korlantas Polri maupun Jasa Raharja,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, penilain utama dilihat dari kecepatan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP), kecepatan dan ketepatan pelaporan ke Korlantas Polri, cara penanganan TKP, pendataan kerugian baik materiil maupun jiwa yang berguna untuk disinergikan dengan Jasa Raharja.

“Sinergi dengan Jasa Raharja sangat penting untuk melayani klaim masyarakat, baik korban luka maupun meninggal,” tandas Ngatmin.

Tak hanya itu penilaian lain yang berpengaruh yakni upaya yang dilakukan dalam menekan angka kecelakaan. Misalnya memberikan sosialisasi melalui Unit Dikyasa agar masyarakat dapat lebih sadar keselamatan dalam berkendara di jalan.

TRENDING :  Program Safety Riding Ciptakan Agen Pelopor Keselamatan Berlalulintas

Penilaian lomba ini dilakukan sejak Januari hingga Oktober 2017. Selama itu pula Satlantas Polres Kudus berusaha keras menekan angka kecelakaan. Dari data yang ada angka kecelakaan di Kudus dalam kurun waktu itu berhasil turun 11 persen.

Periode Januari hingga Oktober 2017 tercatat 498 kecelakaan, sedangkan 2016 dalam periode yang sama mencapai 560 kejadian. Korban meninggal juga turun 21,8 persen, dari 2016 sebanyak 110 orang menjadi 86 orang pada 2017.

Berkat capaian itu Satlantas Polres Kudus menduduki peringkat 2 tingkat nasional penanganan kecelakaan lalu lintas. Penghargaan diberikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumiwa kepada Kasatlantas Polres Kudus AKP Eko Rubiyanto. Turut hadir kala itu Mendagri, Dirut Jasa Raharja, dan Dirjen Perhubungan Darat.

TRENDING :  Semakin Marak, Razia Balap Liar Di Kudus Diintensifkan

“Juara pertama diraih Polres Tuban dan peringkat ketiga diraih Polres Aceh. Semoga saja tahun depan giliran kita yang jadi juara,” imbuhnya.

Menurut Ngatmin, menurunnya angja kecelakaan di Kudus karena kesadaran masyarakat sudah meningkat. Karena budaya atau kebiasaan masyarajat menjadi pendukung utama dalam menekan angka kecelakaan.

Selain penghargaan IRMS 2017, Sarlantas Polres Kudus juga pernah menorehkan prestasi. Di antaranya juara E-Service 2017 se-Jawa Tengah dan juara harapan satu lomba Polisi Cilik 2017. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :