Satlantas Polres Kudus Terima Penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan Jalan Terpadu IRSMS 2017

oleh -1,340 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kudus mendapatkan penilaian dari Korlantas Polri dan PT. Jasa Raharja Persero Pusat dalam ajang Integrated Road Safety Management System (IRSMS) Award 2017.

IRSMS adalah Sistem Manajemen Keselamatan Jalan Terpadu termasuk pengembangan database kecelakaan dan analisis terpadu dari sistem lalu lintas jalan serta Penetapan prosedur untuk pembangunan yang berkelanjutan pada SDM dari Korps Polisi Lalu Lintas Indonesia.

IRSMS dirancang untuk menyediakan data kecelakaan yang terbaru, handal dan dapat diverifikasi. Informasi tentang keadaan kecelakaan adalah dasar untuk semua intervensi yang menargetkan keselamatan di jalan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Satuan Lalu Lintas Polrse Kudus, AKP Eko Rubiyanto Sik,SH saat berbincang dengan media ini di kantornya usai memimpin rapat koordinasi lintas sektoral terkait lalu lintas dan perhubungan di Mapolres Kudus, Rabu (18/0/17)

Dalam penilaiannya Tim IRSMS Award 2017 yang dipimpin langsung oleh AKBP Dedi Suhartono,Sik.MM menilai tentang Sinergitas peningkatan pelayanan dan penanganan korban laka lantas.

Diwilayah hukum Polres Kudus sesuai data dari IRSMS terdapat 6 (enam) titik lolasi rawan laka (Blackspot), diantaranya Jl. Kudus-Jepara Ds. Mijen Km.6, Jl.Jendral Sudirman Ds.Rendeng Km.2, Jl. Jendral Sudirman Ds.Ngembalrejo Km.5, Jl. Kudus-Pati Ds. Klaling Km.10, Jl. Kudus-Pati Ds. Klaling Km.11, dan Jl. R.Agil Kusumadya Ds. Jati Wetan.

Adapun langkah yang diambil Sat Lantas Polres Kudus dengan melakukan kegiatan Polisi Sahabat Anak. Langkah preemtif dilakukan guna memberikan edukasi,pemahaman dan pengetahuan tentang tertib berlalu lintas dijalan raya kepada anak-anak usia dini dalam meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas.

Selain itu upaya yang dilakukan untuk mencegah Laka Lantas dan menurunkan fatalitas korban dengan giat Police Goes To School dan Police Go To Campus. Dengan memberikan pemahaman kepada pelajar dan mahasiswa untuk selalu mengutamakan keselamatan daripada kecepatan serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Pelaksanaan Dikmas lantas dan himbauan kepada masyarakat juga dilakukan melalui media elektronik dan media sosial. Pemasangan rambu dan Pita kejut didaerah rawan laka juga dilakukan Sat Lantas bersama stake holder para pemangku kepentingan.

Pemasangan Carpoli 3D dan monumen laka lantas membuat para pengendara yang melintas untuk lebih berkonsentrasi dan berhati-hati. Pengaturan lalu lintas dan Blie Light Patrol, Penindakan pelanggaran lalu lintas sebagai upaya represif kepada pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas.

Pemasangan CCTV di 15 titik merupakan upaya pencegahan terjadinya laka lantas dan membantu proses penyidikan kasus laka lantas. Sat Lantas juga meluncuran program E service sebagai layanan masyarakat berbasis android. Kerja sama dengan PT Jasa Raharja dalam kegiatan coklit data laka pada aplikasi IRSMS polri dan Dasi JR Modul Pelayanan juga dilakukan dan Pelatihan PPGD bersama Jasa Raharja,Dinas Kesehatan,RSUD dan masyarakat.

Kasat Lantas Polres Kudus AKP Eko Rubiyanto Sik,SH menyatakan Menjadi kehormatan Sat Lantas Polres Kudus bisa masuk nominasi lomba IRSMS award 2017.

“Semoga mendapat hasil yang terbaik dan bisa memberikan motivasi kepada kami untuk lebih baik dalam pelayanan masyarakat terutama dalam bidang penanganan kasus laka dan penurunan angka laka dan fatalitas korban”.Ujarnya.

Ditambahkannya dengan pemberian kemudahan dalam melakukan analisa dan evaluasi tentang kejadian laka lantas, Satlantas bersama Jasa Raharja dapat memberikan terobosan kreatif untuk mengurangi angka fatalitas kecelakaan lalu lintas terhadap pengguna jalan. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.