Satpol PP Kudus Hentikan Galian C Ilegal

oleh
galian C ISKNEWS.COM
Satpol PP Kudus menutup galian C ilegal di Kecamatan Gebog, Senin (07-05-2018). (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)
Kudus, ISKNEWS.COM – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kudus menghentikan galian C di dua lokasi yang berada di Kecamatan Gebog, Senin (07-05-2018). Penghentian operasional galian C ini dikarenakan pengelola telah melanggar Perda Nomor 16 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kudus 2012-2032.
Kasatpol PP Kudus Djati Solechah melalui Kasi Lidik Fariq Mustofa mengatakan, pihaknya menindaklanjuti laporan masyarakat yang menyebutkan adanya galian C ilegal di wilayah Kecamatan Gebog.
Padahal, lanjutnya, di Kudus hanya ada empat wilayah yang diperbolehkan untuk melakukan pertambangan. Yakni Desa Tanjungrejo dan Gondoharum, Kecamatan Jekulo, Desa Rejosari, Kecamatan Dawe, dan Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan.
Terkait permasalahan ini, pihaknya mengundang pemilik galian C untuk dilakukan pembinaan di Kantor Satpol PP Kudus, Rabu (09-05-2018). Dua pengusaha galian itu adalah Suhut warga Desa Klumpit, Kecamatan Gebog dan Hafidz warga Desa Getassrabi, Kecamatan Gebog.
Langkah lain yang dilakukan agar galian C tersebut tak beroperasi yakni dengan menyita peralatan kerja, seperti cangkul dan ganco. “Kita sudah peringatkan mereka agar tidak lagi beroperasi,” imbuh Fariq.
Selebihnya, tambahnya, merupakan kewenangan dari Satpol PP Provinsi. Pihaknya hanya memiliki kewenangan untuk menghentikan operasional galian C, sedangkan yang berhak menutup hanya Satpol PP Provinsi. (MK/YM)
KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Aniaya Istri, Seorang Suami di Sidorekso Diringkus Polisi