Satu Napi Rutan Kelas 2B Kudus Dapat Remisi Natal

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Jelang natal, satu narapidana (napi) di Rutan Kelas 2B Kudus mendapat remisi. Napi tersebut terjerat kasus Narkoba, dengan vonis satu tahun penjara.

“Kami mengusulkan satu napi beragama kristen mendapat remisi natal. Itu karena haknya. Sama dengan napi muslim saat Idul Fitri, rencanannya remisi akan diberikan tepat tanggal 25 Desember,” kata Kepala Rutan 2B Kudus, Budi Prajitno melalui Kepala Subsi Pelayaan Tahanan, Eko Budi pada Senin (24/12/2018).

Dikatakannya, Satu napi tersebut mendapatkan remisi 15 hari, selain itu, napi yang bersangkutan dipastikan berkelakuan baik. “Narapidana tersebut kami anggap memenuhi syarat administrasi yakni telah menjalani hukuman selama enam bulan, sementara persyaratan substantif yaitu napi harus mentaati semua tata tertib yang berlaku dan berkelakuan baik selama di Rutan,” jelasnya.

TRENDING :  Polsek Jakenan Razia Ratusan Miras

Ia mengatakan, napi yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi tersebut, sebelumnya telah diajukan ke Kantor Wilayah (Kanwil) Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkumham) Jawa Tengah atas nama menteri dengan persetujuan pusat. Kemudian, dibuktikan surat kepala rutan berkelakukan baik dan napi tidak punya surat perkara lain dari Kejaksaan.

TRENDING :  Inilah Tempat Terlarang Untuk Kampanye, Masyarakat Diminta Ikut Mengawasi

Eko menyebutkan, sebenarnya di Rutan Kelas 2B Kudus ada lima napi yang beragama Kristen, baik Kristen Protestan maupun Kristen Katolik. Hanya saja, empat lainnya belum memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi.

“Yang empat memang belum memenuhi syarat. Satu masih menjalani pidana denda, Bahkan tiga diantaranya masih tahanan belum narapidana,” jelasnya disela-sela kunjungan keluarga.

TRENDING :  Pembukaan Diklat Prajabatan Golongan I,II,III bagi CPNS Honorer K2 di Lingkungan Pemkab Kudus tahun 2015

Selain remisi, pada perayaan natal dan tahun baru tahun ini, Rutan kelas 2B Kudus telah merayakannya pada tanggal 15 Desember 2018,dengan menghadirkan keluarga dan beberapa tokoh lintas agama untuk melakukan perayaan tahun baru bersama.

Sementara penghuni rutan Kelas 2B Kudus saat ini berjumlah 210 orang dari kapasitas 104 orang, terdiri dari 76 tahanan, 134 narapidana. Dengan pidana umum 174, pidana khusus 36. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :