SD 1 Undaan Kidul Unggulan Se Kecamatan Undaan Kudus

SD 1 Undaan Kidul Unggulan Se Kecamatan Undaan Kudus

Kudus, isknews.com – Sekolah Dasar (SD) 1 Undaan Kidul, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, terpilih sebagai SD Unggulan se Kecamatan Undaan. SD di bawah binaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Undaan itu, selain akademiknya baik, jumlah peserta didik (PD) yang sesuai standar dinas, ruang kegiatan belajar mengajar (KBM) yang lengkap, juga merupakan SD tertua di Kecamatan Undaan, yakni salah satu dari 3 unit bangunan SD tersebut, dibangun pada 1912.

Menurut Kepala SD 1 Undaan Kidul, Sutarno Fais, yang dihubungi isknews.com, Sabtu (11/03), di ruang kerjanya, SD 1 Undaan Kidul diunggulkan dari sebanyak 35 SD di wilayah kerja UPT Pendidikan Kecamatan Undaan, diantaranya karena di bidang akademik SD 1 Undaan Kidul beberapa kali meraih ranking I, dalam ujian nasional (UN) SD se Kecamatan Undaan, yakni pada tahun pelajaran 2013 dan 2015. “Pada tahun pelajaran 2014, hasil UN di ranking 5, tetapi pada UN 2015, hasil UN-nya kembali ranking I.”

Untuk jumlah PD, ungkapnya lanjut, bukan hanya melebihi kapasitas dari ruang kelas yang tersedia, sekolah pun mengambil langkah membuka kelas parallel, sehingga jumlah terbagi menjadi 12 ruang kelas. Penempatannya, dari jumlah peserta didik (PD) sebanyak 212 siswa. Kelas-I dan Kelas-IV masing-masing satu kelas dengan jumlah PD 24 dan 31 siswa, sedangkan Kelas-II sampai V dua kelas atau parallel, Kelas-IIA dan IIB jumlah PD masing-masing 20 dan 18 siswa, Kelas-IIIA serta IIIB jumlah PD 20 dan 16 siswa, Kelas-IVA serta IVB jumlah PD masing-masing 21 siswa, sedangkan kelas VA serta VB, jumlah PD 20 dan 21 siswa. “Perbandingan jumlah PD dengan jumlah guru cukup. Jumlah guru yang PNS termasuk kepala SD dan penjaga sekolah 11 orang, selain itu juga dibantu guru wiyata bakti sebanyak 8 orang.”

SD 1 Undaan Kidul ini, mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, antara lain, ruang kepala SD, ruang guru, perpustakaan, mushola dan aula yang hanya satu-satunya SD di seluruh Kecamatan Undaan yang mempunyai. Begitu juga dengan kegiatan ekstra kurikuler, berupa latihan membatik yang diadakan setiap hari Sabtu. “Kalau untuk prestasi siswa di bidang non akademik, cukup banyak, diantaranya juara Olimpiade Saint Nasional Kabupaten Kudus 2014, lomba mapsi, rebana, khoibah dan lain-lain,” jelas Sutarno. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  UPT Pendidikan Gebog Kudus Ajukan 6 Nominasi SD Unggulan

Share This Post

Post Comment

*