SD N Dengkek Pati, Praktek Jual Beli Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional

SD N Dengkek Pati, Praktek Jual Beli Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – SD N Dengkek Pati kelas 5 melakukan praktek jual beli kebutuhan pokok yang dijual di Pasar Tradisional, hal ini dimasudkan supaya para anak didik memahami kegiatan pasar tradisional dan memberikan pelajaran kepada anak bagaimana transaksi jual beli yang dilakukan para pedagang.

Menurut Agustina guru kelas 5 mengatakan, kegiatan ini sudah ada dalam kurikulum pembelajaran yang merupakan salah satu wujud pembelajaran dalam upaya mengenalkan secara langsung apa itu pasar tradisional.

” Untuk mengenalkan bagaimana kegiatan yang ada dan barang apa saja yang di jual serta bagaimana kegiatan transaksi antara pelaku usaha baik pedagang maupun pembeli. maka, pihak sekolahan membuat praktek langsung di dalam kelas,” jelas Agustina.

TRENDING :  Sudah Diuji Coba Full Day School Di Kudus

Lanjut Agustuna, Pasar tradisional adalah pasar yang dalam pelaksanaannya bersifat tradisional dan ditandai dengan pembeli serta penjual yang bertemu secara langsung. Proses jual-beli biasanya melalui proses tawar menawar harga, dan harga yang diberikan untuk suatu barang bukan merupakan harga tetap, dalam arti lain masih dapat ditawar, hal ini sangat berbeda dengan pasar modern.

TRENDING :  H.Imam Suroso Bagikan Ribuan Bingkisan Lebaran Untuk Wong Cilik

Umumnya, pasar tradisional menyediakan bahan-bahan pokok serta keperluan rumah tangga. Lokasi pasar tradisional dapat berada ditempat yang terbuka atau bahkan dipingir jalan.
Salah satu ciri khas pasar tradisional beberapa diantaranya menggunakan tenda-tenda tempat penjual memasarkan dagangannya, serta pembeli yang berjalan hilir mudik untuk memilih dan menawar barang yang akan dibelinya. Demikian saat Agustina menjelaskan terkait Pasar Tradisional kepada anak didiknya yang mengikuti praktek pasar tradisional.

TRENDING :  Soal Regruping SD 3 dan 4 Gribig, Ini Penjelasan Kepala UPT Pendidikan Gebog

Dalam kegiatan tersebut siswa juga diajarkan untuk menawarkan barang yang dijual, dan salah satu siswa lainya juaga di ajarkan untuk menjadi pembeli yang menawar.

Karena ciri-ciri pasar tradisional diantaranya dalam melakukan transaksi jual beli disitu ada tawar menawar harga.

Siswa juga diharapkan mengetahui barang di jual yang ada di pasar tradisional umumnya berupa keperluan dapur dan rumah tangga terkait masalah harga biasanya pasar tradisional lebih murah. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*