SDIT Al Islam Luncurkan Dewan Kehormatam Sekolah Dan Gerakan Literasi Sekolah

oleh

Kudus, isknews.com – Sebagai Kado kemerdekaan RI ke 72 dari SDIT Al Islam Kudus kepada Indonesia dalam membentuk anak bangsa yang berkarakter, SDIT Al Islam Kudus, Melaunching Dewan Kehormatan Sekolah (DKS) dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Selain itu juga melantik pengurus bank sampah dan mengenalkan buletin Al Islam Be Smart. Sabtu (19/8/17).

Acara yang dimulai pada pukul 07.00 pagi diawali dengan lantunan gema tilawah yang diikuti seluruh siswa-siswi yang berjumlah 871 anak. Kemudian menyanyikan lagu-lagu perjuangan Hari Merdeka serta solo song.

Novita Kristiyanti, Waka Kesiswaan SDIT Al Islam ditemani humas Saifudin mengatakan, DKS ini akan bertugas setiap hari untuk memantau kedisiplinan siswa. Nantinya DKS memiliki rompi khusus saat bertugas yang berwarna orange dengan tulisan DKS disebelah kiri atas.

TRENDING :  Sekolah di Kudus Seratus Persen Siap Gelar UNBK

”DKS adalah bagian dari upaya kami untuk memberikan pelajaran tentang disiplin anak, selain itu DKS juga memiliki supervisor atau guru yang akan membinanya,” tutur Novita.

Ditambahkan oleh dia, nantinya petugas DKS terdiri dari enam siswa, mulai dari kelas dua hingga enam, setiap kelas akan diambil enam siswa dan dilakukan bergantian setiap harinya.

 

Sementara itu, Susi Utami Kepala Sekolah SDIT AL Islam Kudus menyampaikan, DKS di SDIT Al Islam Kudus ini insya Allah merupakan satu-satunya ditingkat SD di Kudus, yang bertindak sebagai petugas penegak ketertiban dan kedisiplinan disekolah dari unsur peserta didik yang ditunjuk. “Tujuannya untuk menumbuhkan jiwa disiplin dan rasa kepemilikan peserta didik terhadap sekolah,” jelas Ibu Kepala Sekolah.

TRENDING :  Woii... takut anaknya tak diterima aksi blokir di lakukan.

Sedangkan untuk GLS merupakan gerakan membaca untuk mengasah kemampuan membaca peserta didik. Buku yang disiapkan dipilih dengan ciri karakter kuat, sastra yang bagus, dan ilustrasi yang hidup.

Dengan adanya program GLS, kami berharap peserta didik memiliki kemampuan membaca yang baik. Untuk mendukung program tersebut, pihaknya sudah menyiapkan buku disetiap kelas untuk dibaca siswa. Untuk distribusi bukunya akan diatur oleh guru, sehingga bahan bacaan bisa berubah. ”Kami juga menyiapkan kereta baca,” ujarnya menambahkan.

TRENDING :  Dosen dan Guru Pamong Makassar Pelatihan untuk Peningkatan Mutu PPL di Jogja

SD yang berlokasi di Jalan Veteran juga menerbtkan buletin Al Islam be Smart yang merupakan media komunikasi dengan orang tua. Isinya terkait parenting dan kegiatan SDIT Al Islam. Buletin diberikan kepada orang tua murid melalui siswa.

Selain itu, kami juga melakukan pelantikan pengurus bank sampah yang terdiri dari 16 siswa. Pengurusnya dari siswa kelas V, sehingga diharapkan setiap tahun ada pelantikan pengurus bank sampah baru.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan apresiasi kepada salah satu siswa Izza Aulia Putri Purwanto yang telah mengharumkan nama Kudus bahkan Indonesia dalam lomba IEYI Nagoya-Aichi-Jepang dengan yang berhasil meraih medali Perak.  (YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :